Orang Tua, Begini Cara Ajarkan Si Kecil Tata Krama

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Begini Cara Ajarkan Si Kecil Tata Krama
Ilustrasi

PortalMadura.Com atau sopan santun sangatlah penting untuk diajarkan dari usia masih dini. Sebab, usia dini atau yang sudah memasuki usia tiga tahun akan lebih mudah untuk diajarkan sopan santun. Pada umumnya, di usia tersebut, mereka lebih senang meniru dan mengingat perilaku sopan seperti yang orang tua lakukan.

Namun tak dapat dipungkiri di usia anak yang masih dini mereka akan lebih suka bermain, dan terkadang mereka tak ingin mendengarkan apa yang kita bicarakan. Karena itu ta jarang bila mengajak balita yang sudah menginjak tiga tahun bertamu, terkadang membuat deg-degan. Mulai dari apa yang akan dilakukannya di rumah orang nanti, mengomentari minuman yang kurang manis atau bilang kueanya tidak enak, mengganggu anak empunya rumah, menyelinap ke dalam rumah tanpa dipersilahkan, melompat-lompat di sofa dan ulah lainnya yang membuat muka Anda memerah menahan malu.

Itu sebabnya, anak perlu dibantu menata perilakunya. Mungkin Anda telah mengajarinya sopan santun sejak mulai berinteraksi dengan orang lain. Namun, ada baiknya Anda mengingatkan kembali saat hendak mengajak si kecil bertamu seperti, Mengucapkan salam selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan seterusnya, Duduk tenang di kursi tamu, tidak nyelonong ke dalam rumah sampai ke dapur, bahkan ke kamar tidur, Bersikap baik pada anak di rumah orang yang dikunjungi,
Tidak berkomentar tentang apa pun mengenai rumah dan orang yang dikunjungi.

Anda tak perlu segan mengingatkan anak beberapa saat sebelum masuk ke rumah yang hendak dikunjungi. Bila balita keceplosan atu lupa pesan-pesan Anda, tegur dia dengan berbisik. Meski masih balita, anak punya harga diri. Memarahinya di depan orang lain sama saja dengan mempermalukannya. Harga dirinya bisa terpuruh

Bila selama bertamu ia berperilaku sopan, beri dia pujian. Katakan Anda bangga padanya karena sopan selama bertamu. Dengan demikian, balita paham perilaku apa yang diharapkan darinya. Bila dipuji, pasti anak akan mengulang perilaku baiknya.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menasehati si kecil sopan santun. Semoga bermanfaat. (parenting.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.