Orang Tua, Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Menanamkan Kebiasaan Makan Anak

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Menanamkan Kebiasaan Makan Anak
Ilustrasi (erabaru.net)

PortalMadura.Com – Pada umumnya setiap anak memiliki kebiasaan makan yang berbeda-beda. Tapi tahukah Anda, kebiasaan yang baik perlu diterapkan sejak dini agar kebutuhan gizinya terpenuhi, sehingga anak bisa tumbuh dengan sempurna.

Kenyataannya, tidak sedikit orang tua yang membiarkannya begitu saja sesuai keinginannya sendiri atau bahkan memaksanya untuk makan. Padahal, cara itu tidaklah baik bagi pertumbuhan anak nantinya.

Berikut beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang tua saat menanamkan dan perlu dihindari:

Tidak Memberikan Contoh yang Baik
Anak-anak adalah peniru yang sangat baik. Semua hal yang orang tuanya lakukan akan ditirunya tanpa ia tahu apakah itu baik atau justru buruk.

Sekarang coba evaluasi, apakah Anda termasuk orang yang pilih-pilih makanan?. Jika hal itu tetap Anda lakukan bahkan saat sedang makan bersama anak, jangan heran jika Si Kecil melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, hal pertama dan utama yang perlu Anda lakukan ialah memberi teladan berbagai kebiasaan positif saat makan.

Baca Juga : Jangan Emosi, Ini Cara Hadapi Anak yang Makannya Berantakan

Saat Anda menikmati semua jenis makanan yang terhidang di meja, mulai dari sayur hingga ikan, anak juga akan mencontoh kebiasaan tersebut. Mulai sekarang, jangan hanya menyuruh, tetapi lakukan dan jadilah teladan yang baik buat anak.

Mudah Menyerah Saat Mengenalkan Anak Pada Makanan Baru
Banyak orang tua memberikan makanan yang itu-itu saja hanya karena sang anak menolak saat diberikan makanan baru. Padahal penolakan itu wajar lho. Ketika mencoba makanan baru, lidah anak belum terbiasa dengan rasa dan teksturnya.

Namun, jangan jadikan penolakan ini sebagai alasan untuk menghentikan usaha Anda. Justru, Anda perlu memutar otak bagaimana caranya agar anak mau memakannya. Misalnya dengan memotongnya dalam bentuk yang lucu atau mengolahnya dengan resep lain.

Memaksa Anak untuk Makan
Ellyn Satter, R.D., seorang ahli gizi dan terapis keluarga di Amerika Serikat, menyatakan bahwa memaksa anak untuk makan adalah hal yang sebaiknya dihindari.

Meski Anda merasa kesal karena anak tidak kunjung mau makan, jangan pernah memaksanya apalagi sampai menggunakan ancaman. Karena meski ujung-ujungnya anak mau makan, kegiatan ini bisa menjadi hal yang justru ditakutinya.

Baca Juga : Jangan Paksa, Ini 3 Cara Bujuk Anak Agar Tak Malas Sarapan Pagi

Sebaiknya, cari cara lain supaya anak mau makan makanan. Seperti, tanyakan padanya kira-kira makanan apa yang sedang ia inginkan.

Memberikan Porsi Makan yang Besar
Karena orang tua khawatir anaknya tidak mendapatkan cukup asupan makanan, terkadang porsi makan yang diberikan terlalu banyak. Padahal banyaknya makanan tidak menjamin kecukupan gizinya.

Justru terlalu banyak makanan yang disajikan dalam satu piring bisa membuat anak merasa takut tidak bisa menghabiskannya. Tidak hanya itu, hal ini juga tentu akan membuat Anda sebagai orang tua merasa sedih dan kecewa ketika si kecil tidak menghabiskan makanannya.

Jadi, mulai sekarang usahakan yuk, untuk menghindari berbagai kesalahan tersebut saat menerapkan kebiasaan makan anak. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.