oleh

Orang Tua, Ini 5 Cara Lindungi Anak dari Kejahatan Menurut Rasulullah

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti selalu ingin memberikan yang terbaik pada sang buah hati. Salah satunya yaitu melindungi anak-anaknya dari segala bahaya dan kejahatan. Bahkan dari kejahatan yang terlihat maupun yang tidak.

Sebagaimana nasihat Rasulullah kepada umatnya, bahwa buah hati atau anak harus dilindungi. Berikut beberapa cara melindungi anak yang dicontohkan Rasulullah. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

Memanjatkan Doa Untuk Memohon Perlindungan
Untuk mendapatkan perlindungan dari Allah bagi Hassan dan Hussein,

Rasulullah berdoa: “Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin.”

Artinya: aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun dan dari pengaruh ‘ain yang buruk.” (HR. Bukhari, no. 3371).

Disarankan membaca doa ini kepada anak-anak Anda di pagi hari, malam dan sebelum meninggalkan rumah.

Membaca Tiga Surat Terakhir Al Quran dan Ayat Kursi
Surah Al-Ikhlas , Surah Al-Falaq , dan Surah An-Nas dikenal karena sifat pelindungnya. Bacalah ketiga surat ini ke tangan Anda dan seka di atas anak-anak sebelum mereka tidur.

Diriwayatkan dari Aisyah: “Ketika Nabi SAW pergi tidur setiap malam, dia memegang tangannya bersama dan meniup ke dalamnya surat Qul Huwa Allah Ahad, Qul a’udhu bi rabb il-falaq dan Qul a’udhu bi rabb in-nas. Lalu dia akan menyapu bersih semua yang ada di tubuhnya, dimulai dengan kepala dan wajahnya dan bagian depan tubuhnya, dan dia melakukannya tiga kali.” (HR Bukhari 5017).

Membaca Surat Al-Baqarah
Membaca surat Al-Baqarah dikenal untuk menjauhkan setan dari rumah. Karena banyak gangguan yang bersifat gaib (mata jahat, sihir, santet).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Jangan buat rumah Anda seperti kuburan, karena setan akan kabur dari rumah yang sering dibacakan Surat al-Baqarah dibacakan.” (HR Muslim, 780)

Rasulullah SAW bersabda: “Semuanya memiliki punuk (atau puncak yang tinggi), dan Al-Baqarah merupakan puncak tertinggi Quran. Siapa pun yang membaca Al-Baqarah di malam hari di rumahnya, maka setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga malam. Siapa pun yang membacanya selama sehari di rumahnya, maka Setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga hari.” (HR At-Tabarani)

Ajarkan Adab di Toilet
Toilet merupakan area kotoran dan jin tertarik ke tempat-tempat kotor seperti itu. Nabi mengajarkan cara untuk melindungi diri Anda dari pengaruh mereka dan potensi bahaya ketika menggunakan kamar mandi. Penting untuk mengajarkan adab ini kepada anak-anak Anda sejak usia dini.

Melarang Anak-anak Bermain di Luar Rumah Saat Maghrib
Nabi menganjurkan para orangtua untuk tidak mengizinkan anak-anaknya berada di luar rumah ketika waktu Maghrib. Karena iblis keluar pada waktu magrib. Orang tua perlu menjaga anak-anaknya di dalam ruangan tiga puluh menit sebelum dimulainya salat Maghrib, dan satu jam setelah Maghrib.

Rasulullah bersabda: “Ketika malam tiba, jaga anak-anak kalian di dalam rumah, karena setan sudah keluar pada waktu itu. Ketika satu jam malam berlalu, kalian bisa membiarkan mereka pergi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah berkata: “Jangan keluarkan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai kegelapan malam turun, karena memang setan keluar ketika Matahari terbenam sampai kegelapan malam tiba.” (HR Muslim)

Juga dianjurkan untuk menutup makanan dan minuman, dan menutup pintu dan tirai rumah pada waktu Maghrib.

Rasulullah bersabda: “Tutuplah piring, bejana, tutup, dan jaga anak-anak kalian di dalam rumah saat malam tiba, karena Jin sedang keluar dan mengintai.” (HR Bukhari)

Dalam segala hal, Rasulullah SAW telah memberi nasihat terbaik dan terlengkap. Nabi Muhammad merupakan contoh terbaik dalam melindungi anak-anak Anda dari kejahatan di dunia ini. (islampos.com/Desy)

Loading...