Orang Tua, Ketahui 4 Keterampilan Wajib Dimiliki Anak Sebelum 13 Tahun

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua, Ketahui 4 Keterampilan Wajib Dimiliki Anak Sebelum 13 Tahun
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya saat tumbuh dewasa bisa melakukan semua hal secara mandiri. Namun, tentu hal tersebut tidak bisa didapat tanpa diajarkan atau dicontohkan oleh orang tua. Maka dari itu, saat usia remaja yakni ketika anak-anak memasuki umur 9 hingga 13 tahun, Anda harus membiarkan anak mandiri dan mengubah gaya pengasuhan.

Dari gaya mengasuh attachment parenting ke detachment parenting. Agar proses transisi dan membuat anak jadi lebih mandiri saat remaja ada beberapa yang wajib dimilikinya. Namun, akan lebih baik bila keterampilan tersebut dimiliki sebelum usia 13 tahun. Penasaran apasaja ? Yuk simak penjelasannya.

Sopan Santun
Hal ini mungkin terdengar sederhana tapi masih banyak orang tua yang kurang dan belum maksimal mengajarkan sopan santun, serta tata krama pada anak-anaknya. Misalnya, bersikap sopan pada yang lebih tua, sabar mengantre, pamit saat pergi keluar rumah dan masih banyak nilai-nilai yang harus diajarkan. Ajaran ini harus didapatkan anak dari orang tuanya dengan melihat dan mencontoh.

Mengatur Uang
Kemampuan anak dalam mengatur uang bisa dimulai dikenalkan dengan memberikan uang jajan secara mingguan. Biarkan anak mengatur sendiri pengeluarannya. Jika ia membutuhkan lebih, harus ada semacam ‘proposal'. Misalnya karena ia harus ke tempat les dengan ongkos lebih besar dan makan siang harganya lebih mahal. Cara ini cukup efektif mengajarkan langsung anak-anak untuk mengatur uang.

Pekerjaan Rumah Tangga
Membersihkan tempat tidur sendiri, mencuci pakaian dalam sendiri, mencuci piring serta pekerjaan rumah tangga lainnya juga harus diajarkan pada anak. Meskipun di rumah terdapat asisten rumah tangga, anak juga harus diajarkan. Hal ini agar mereka bisa menghargai pekerjaan orang lain, dan apabila harus jauh dari rumah tak lagi kaget.

Memasak
Untuk masyarakat Indonesia, nasi adalah makanan pokok. Untuk itu pastikan, bila anak-anak Anda di rumah bisa memasak nasi. Dengan adanya rice cooker sebenarnya sangat mudah, cukup memberi tahu ‘rumus' takaran yang biasa Anda gunakan.

Menggoreng telur, ayam atau menumis sayuran juga penting diajarkan pada anak-anak. Libatkan mereka saat menyiapkan makanan untuk keluarga.

Itulah keterampilan yang wajib dimiliki anak sebelum usia 13 tahun. Semoga informasi di atas bermanfaat. (dream.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.