Orang Tua, Lakukan 6 Trik Ini Untuk Memperkuat Hubungan dengan Anak Remaja Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua, Lakukan 6 Trik Ini Untuk Memperkuat Hubungan dengan Anak Remaja Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak yang mulai beranjak remaja biasanya mengalami beberapa perubahan seperti fisik, gejala emosi, bahkan pergaulan yang semakin luas. Hal ini tentunya berimbas pada hubungan dengan . Pada fase ini hubungan anak dan orang tua kadang mengalami pasang surut.

Namun, jangan sampai hubungan ini menjadi renggang hanya karena anak remaja Anda menarik diri dan kerap bersikap di luar kehendak Anda. Pahamilah mereka dan lakukan beberapa kebiasaan sederhana yang bisa memperkuat hubungan anak dan orang tua. Seperti apa?.

Berikut penjelasannya:

Makan Bersama Keluarga
Tradisi makan bersama adalah sebuah kesempatan berharga bagi setiap orang untuk membahas mengenai banyak hal menarik yang sedang berkembang.

Jika sebagai orangtua Anda mampu mendorong seluruh anggota keluarga untuk melakukan kebiasaan ini, maka akan ada banyak waktu luang bagi setiap orang untuk merasa diperhatikan dan dikasihi.

Liburan Keluarga
Anda bisa membuat rencana untuk mengadakan liburan bersama dengan seluruh anggota keluarga. Banyak tempat wisata menarik bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata keluarga. Semakin sering kegiatan ini dilakukan, maka hubungan akan semakin bertambah kuat.

Luangkan Waktu Untuk Berdiskusi
Luangkan waktu “One on one” dengan anak-anak Anda. Cara ini memberi Anda kesempatan untuk tetap terhubung dan menikmati waktu kebersamaan bersama mereka. Ini juga bisa menjadi kesempatan berharga untuk saling berbagi pemikiran dan juga perasaan.

Rayakan Prestasi Anak-anak
Rayakan prestasi anak-anak, bantu mereka mengatasi kekecewaannya dan tunjukkan minat terhadap hobi-hobi mereka. Untuk memberi semangat kepada anak-anak, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan sesuatu yang ‘wah'.

Terkadang cukup dengan meluangkan waktu untuk menyaksikan saat mereka bertanding, bermain musik atau mendampinginya saat sedang melakukan kegiatan ekstrakulikuler.

Ciptakan Tradisi Keluarga
Kebiasaan yang secara rutin menjadi ritual dalam keluarga dapat membantu Anda dan juga anak-anak menyisihkan waktu secara khusus, misalnya: Nonton film bersama, memasak makanan kegemaran bersama, permainan keluarga, olahraga bersama dan sebagainya.

Membagi Dengan Adil Tanggungjawab Dalam Keluarga
Anak-anak yang terbiasa diberi tanggung jawab sejak dini akan merasa bahwa mereka memberi kontribusi penting bagi keluarga. Ini bisa menjadi hal-hal sederhana seperti merapihkan tempat tidur, mencuci sendiri pakaian, membersihkan rumah, merawat kebun atau membantu anggota keluarga yang lebih muda, tua maupun lemah. (keluarga.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.