Orang Tua Tipe ‘Mesin Pemotong Rumput’, Ini Dia 6 Cirinya

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua Tipe 'Mesin Pemotong Rumput', Ini Dia 6 Cirinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap memiliki tipe tersendiri dalam mengasuh anaknya. Salah satunya seperti ‘'. Apa itu?. Tipe ini merujuk pada orang tua yang cenderung tidak mau si kecil merasa kesulitan, berjuang, bahkan gagal.

Orang tua dengan tipe ini akan mengatasi semua urusan anaknya. Bahkan, orang tua tipe ‘mesin pemotong rumput' akan melakukan apapun untuk mencegah buah hatinya menghadapi situasi sulit atau kegagalan. Dibandingkan menyiapkan anak untuk menghadapi segala tantangan, si orang tua jenis ini lebih memilih mengambil alih urusan tersebut.

Kendatipun tidak ada pola asuh yang tepat untuk anak. Tapi, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau Anas mengatakan, pola asuh yang ideal adalah yang sensitif dan responsif.

“Kita perlu sensitif sama kebutuhan anak nih. Misalnya untuk anak 0-18 bulan, mereka lagi membentuk kepercayaan sama lingkungan. Misalnya dia nangis, langsung kita respons, berarti kan ada yang memerhatikan. Terus, pola asuh yang ideal juga yang responsif. Jadi, kalau anak nangis jangan dibiarkan lama-lama,” ungkapnya.

Nah, berikut ini enam ciri orang tua tipe ‘mesin pemotong rumput':

Membawakan Barang Anak yang Ketinggalan ke Sekolah
Sesekali membawakan barang anak ke sekolah yang tertinggal sah-sah aja. Namun, ketika terbiasa membawakan barang anak yang tertinggal ke sekolahnya, bisa dibilang Anda tipe orang tua ‘mesin pemotong rumput'. Apalagi bila selama ini orang tua sekadar membawakan barang tersebut tanpa bilang ke anak untuk tidak mengulangi lupanya.

Membereskan Kamar Anak
Di usia balita anak sudah bisa dilatih bertanggung jawab atas kerapian kamarnya. Nah, bila anak sudah usia sekolah namun segala barang di kamar selalu Anda yang merapikan, bisa dibilang Anda tipe orang tua ‘mesin pemotong rumput'.

Menyalahkan Guru atas Kesalahan Anak
Anak bisa saja melakukan kesalahan di sekolah hingga dia perlu menerima konsekuensinya. Nah, orang tua tipe ‘mesin pemotong rumput' biasanya tidak akan membiarkan anaknya belajar dari kesalahan. Sehingga, guru pun disalahkan meski Anda tahu si kecil lah yang salah.

Memaksakan Prestasi Anak
Di sini, orang tua tipe ‘mesin pemotong rumput' akan melakukan apa saja demi prestasi si kecil walaupun sebenarnya anak tidak berprestasi di bidang itu. Tujuannya sih baik, supaya anak lebih percaya diri. Namun, dengan memaksa anak seperti itu sama saja Anda akan menjerumuskan anak dalam kegagalan.

Mengambil Alih Peran Anak
Sebenarnya anak bisa melakukan sesuatu sendiri seperti mengambil minum. Namun, karena malas dia pun meminta orang tuanya mengambilkan minum. Nah, orang tua tipe ‘mesin pemotong rumput' biasanya akan mengambil peran anak yang seharusnya bisa mereka lakukan sendiri.

Selalu Bantu Anak Mengerjakan PR
Anak kesulitan mengerjakan PR, tapi tanpa memintanya berusaha dulu Anda langsung mencari jawaban PR si kecil. Bila seperti itu, Anda termasuk orang tua ‘mesin pemotong rumput' yang tidak membiarkan anak berusaha keluar sendiri dari kesulitannya. (haibunda.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.