Orang Tua Wajib Tahu, Ini Dampak Memberi Hadiah Berlebihan Pada Anak

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Dampak Memberi Hadiah Berlebihan Pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hadiah memang merupakan alternatif dalam membuat anak senang dan bahagia. Dengan cara ini dia juga akan merasa dicintai, diperhatikan dan keberadaannya dihargai.

Walaupun Anda menyayanginya, namun jika hal ini dilakukan secara terus-menerus tanpa mengontrol keperibadian anak. Bukan tidak mungkin jika dia akan menjadi pribadi yang manja dan akan merugikan dirinya sendiri atau bahkan orang lain.

Lantas, apa saja yang berakibat negatif pada anak? orang tua wajib mengetahui tiga hal ini.

Mengembangkan Perilaku Perusak
Pertama, anak kemungkinan besar mengembangkan perilaku destruktif atau merusak. Anak-anak merasa ia memiliki segalanya dan serakah. Menurut sebuah penelitian dari the University of Missouri, anak akan mengembangkan perilaku boros, suka belanja, dan bahkan judi saat tumbuh dewasa nanti.

Tidak Bahagia dan Kurang Percaya Diri
Jika sebagai orangtua, Anda tidak punya waktu untuk anak, dan sebagai penggantinya Anda memberikan banyak hadiah, anak akan memiliki kepercayaan diri yang rendah. Dibandingkan hadiah, anak lebih membutuhkan hubungan baik dan kedekatan sosial dan emosional dengan orangtua.

Penelitian yang diterbitkan dalam Harvard’s Journal of Happiness menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara pemenuhan material dengan kepercayaan diri dan kebahagiaan anak.

Mengembangkan Sikap Manja
Jangan merasa bahwa hadiah sama halnya dengan kebahagiaan. Menyenangkan memang mendapat hadiah, namun hal ini juga bisa membuat anak mengembangkan banyak perilaku negatif, salah satunya manja dan sombong. Anak akan merasa bisa memiliki segalanya sehingga merasa punya status sosial tinggi dari teman yang lain.

Intinya, Anda sebagai orang tua yang menyayangi anaknya. Boleh saja Anda memberikan hadiah untuk membuatnya senang tetapi jangan terlalu sering ya karena akan berakibat fatal pada keperibadian anak. Berilah dia hadiah sewajarnya saja. (vemale.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.