Orang Tua Zaman Now, Ini 6 Kemampuan Yang Harus Anda Miliki

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua Zaman Now, Ini 6 Kemampuan Yang Harus Anda Miliki
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Di era modern seperti sekarang ini, orang tua dituntut harus lebih ekstra dalam mendidik anak-anaknya. Perannya pun juga perlu mengikuti perkembangan teknologi agar si kecil tidak terpengaruh oleh lingkungan luar yang lebih cepat adaptasinya.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua sebaiknya harus memiliki beberapa kemampuan ini agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Apa saja?. Yuk simak hal berikut ini mengenai kemampuan apa saja yang harus dimiliki orang tua zaman now:

Mampu Menjaga Komunikasi dengan Baik
Dewasa ini komunikasi merupakan kunci utama dalam mendidik seorang anak. Orang tua harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan anaknya. Berkomunikasilah secara terbuka dengan anak secara rutin.

Jalin kedekatan dengan buah hati agar mereka nyaman untuk bercerita banyak hal kepada orang tua. Jika anak sudah percaya, maka Anda juga akan mengetahui keadaan anak Anda yang sebenarnya.

Paham Akan Mendidik dengan Baik
Mendidik adalah proses memberikan pengertian dan pemahaman makna kepada anak agar ia dapat memahami lingkungan sekitarnya serta dapat mengembangkan dirinya dengan baik dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, orangtua perlu memiliki pemahaman mendidik yang baik agar sang anak dapat terdidik dengan baik pula.

Hindari Mengancam, Membujuk atau Menjanjikan Hadiah
Hal ini perlu dilakukan karena berdampak buruk pada kepribadian sang anak. Perlu diketahui sikap membujuk dapat melahirkan sifat ketergantungan, sementara sikap mengancam dapat mematikan inisiatif, motivasi maupun kreativitas anak.

Selain itu, sikap otoriter dapat menimbulkan tekanan pada diri anak dan ketakutan. Sementara sikap acuh tidak acuh membuat sang anak merasa tidak dipedulikan. Serta sikap memanjakan dapat menimbulkan sifat tidak mandiri pada anak.

Memahami Bahasa Non Verbal
Memarahi anak karena melakukan suatu kesalahan bukanlah solusi yang efektif. Memahami apa yang menjadi penyebab kesalahan itu terjadi serta perasaan sang anak. Bahasa non verbal yang dimaksud ialah dengan memberikan sentuhan, senyuman, pelukan, menatap dan meletakkan tangan di bahu untuk menenangkan sang anak.

Memahami Kemampuan atau Bakat yang Dimiliki Anak
Orang tua perlu memahami dan melihat kemampuan atau potensi bakat yang dimiliki sang anak. Selain itu juga perlunya dukungan dan dorongan yang diberikan oleh orang tua sehingga sang anak dapat mengasah kemampuan atau bakatnya.

Memiliki Visi
Memiliki visi yang jelas dalam mendidik dan mengembangkan anak agar dapat menentukan pendidikan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh sang anak. Serta mencapai ilmu pendidikan karakter yang dinginkan.

Demikian beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua zaman now untuk anak. Semoga bermanfaat dan semoga anak Anda menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.