Tanpa Disadari, 5 Makanan Ini Justru Bikin Anda Makin Lapar

Avatar of PortalMadura.com
Tanpa Disadari, 5 Makanan Ini Justru Bikin Anda Makin Lapar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang yang makan tentu memiliki tujuan untuk membuat perut kenyang. Akan tetapi kenyataannya, ada beberapa yang justru membuat perut semakin .

Sebab, makanan-makanan ini tidak memiliki kandungan serat, lemak dan protein yang cukup. Sehingga makanan lebih cepat diproses tubuh, energi lebih cepat dilepas dan rasa lapar pun kembali mendera. Untuk itu, Anda perlu menghindarinya jika ingin merasa kenyang.

Berikut lima makanan yang justru membuat perut semakin lapar:

Pemanis Buatan
Makanan rendah kalori dan bebas gula seringkali mengandung pemanis buatan, namun hal ini sering disebut sebagai pangan sehat. Justru menurut ahli gizi Kathleen Alleaume, makanan manis yang mengandung pemanis buatan justru membuat Anda ketagihan untuk kembali mengonsumsi makanan manis.

“Hal ini menyebabkan Anda terus merasa lapar dan mendambakan makan lebih banyak,” ujarnya.

Salad
Tidak semua salad akan membuat Anda lapar, tapi pada dasarnya salad yang hanya berisi sayuran hijau tidak akan banyak membantu Anda. Jadi pastikan salad yang Anda konsumsi berisi sayuran yang beragam sehingga perut terasa kenyang karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh sudah tercukupi.

“Konsumsi makanan yang tak beragam dan seimbang kemungkinan akan membuat Anda mencari makanan lain dalam waktu singkat,” kata Alleaume.

Jus
Jus memang disebut-sebut sebagai minuman sehat, tapi kandungan serat, lemak dan protein yang rendah justru akan membuat Anda semakin lapar. Karena itu, Anda hanya akan mendapatkan lonjakan kadar gula yang tinggi dalam tubuh, namun tidak membuat Anda merasa kenyang.

“Jus mengandung kalori yang memacu gula darah Anda dengan cepat, namun membuat rasa lapar timbul lebih awal sehingga membuat Anda mengidamkan makanan lainnya,” imbuh Alleaume.

Keripik
Keripik memang bukan camilan sehat karena tergolong tinggi kalori dan garam. Tapi keripik merupakan camilan yang paling banyak disukai masyarakat. Jangan berharap Anda kenyang dengan mengonsumsi keripik sebanyak-banyaknya karena camilan ini justru membuat Anda tambah lapar.

Untuk membuat keripik yang Anda konsumsi lebih memuaskan, Alleaume merekomendasikan untuk menuangkannya dengan mentega, kacang, alpukat, atau ricotta.

Alkohol
Secara teknis alkohol memang bukan makanan, tapi alkohol penuh dengan kalori dan juga membuat kebanyakan Anda ingin makan.

“Penelitian juga menunjukkan bahwa alkohol mengubah otak dalam mode kelaparan, yang pada gilirannya meningkatkan nafsu makan,” tutup Alleaume. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.