Pacu Pariwisata Bangkalan Melalui Sektor Usaha Kuliner

Avatar of PortalMadura.Com
Nasi Serpang bangkalan
dok.nasi serpang bangkalan (laurentiadewi)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur terus berusaha memacu sektor pariwisata, salah satunya melalui sektor usaha .

Para wisatawan domestik, selama ini hanya berkunjung ke Jembatan Suramadu, atau dilanjutkan kuliner di Kecamatan Burneh. Lalu pulang.

“Nah momentum kunjungan wisatawan domestik ini, nantinya kita manfaatkan secara optimal agar berkunjung hingga ke Kota Bangkalan,” kata Makmun Ibnu Fuad, Bupati Bangkalan, Kamis (4/9/2014).

Targetnya, bagaimana ada peningkatan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Usaha Kuliner Mikro Kecil Menengah. “Kami akan memulai dari moment car free-day yang dilaksanakan tiap hari minggu,” urainya dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut di Aula Diponegoro.

Menurutnya, dengan mengerahkan sektor usaha kuliner mikro menengah yang ada di Bangkalan, otomatis akan mempunyai daya tarik tersendiri. “Kita banyak memiliki jenis kuliner khas daerah yang tidak dimiliki daerah lain seperti, tajin sobih, topak ladeh atau nasi serpang,” tandasnya.

Sementara, Ka. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Menengah, Andang Pradana mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan para pengusaha mikro menengah khususnya yang bergerak dibidang kuliner untuk mensukseskan program tersebut

“Para pedagang kaki lima dan pengusaha kuliner yang produknya merupakan produk khas Kabupaten Bangkalan sudah kami persiapkan,” jelas Andang.

Para pedagang, nampaknya antusias untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan car free-day nantinya. “Jelas sekali kegiatan ini akan meningkatkan penghasilan para pedagang  kuliner. Disamping juga peningkatan usaha pariwisata,” ujar Andang.

Senada diungkapkan Ka. Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dispora) Kab. Bangkalan, Gufron Jakfar. “Jadi para wisatawan domestik ini nantinya tidak hanya mengenal Jembatan Suramadu dan bebek sinjay saja,” tandasnya.

“Kontent yang dimiliki Kabupaten Bangkalan jauh lebih banyak dan bervariasi lagi.  Baik dari budaya, alam maupun makanan khas yang dimilikinya,” kata Gufron.

Pihaknya akan berusaha untuk mengenalkan terlebih dahulu wisata kuliner khas yang dimiliki Kabupaten Bangkalan. “Kedepan kita akan garap bidang-bidang lain di sektor pariwisata ini dengan optimalisasi program,” pungkasnya.(dit/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.