oleh

Pakai Kombinasi Dua Serum Secara Bersamaan, Bolehkah?

PortalMadura.Com – Salah satu produk perawatan yang sudah tidak asing lagi didengar dan banyak digunakan oleh kaum hawa yaitu serum. Selain sangat penting diaplikasikan pada kulit, serum diklaim bisa menjaga kecantikan kulit wajah.

Ada berbagai jenis serum yang beredar di pasaran, di antara jenis itu ia mempunyai bahan aktif berbeda dengan kegunaannya masing-masing. Dalam hal ini, apabila Anda memiliki masalah kulit yang beragam maka serum yang digunakan pun juga berbeda-beda.

Tahukah Anda bahwa serum ternyata bisa bekerja secara cepat dan maksimal untuk mengatasi masalah kulit yang Anda alami. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat memiliki permasalahan pada kulit Anda.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh dosen dermatologi di Harvard Medical School, Dr. Abigail Waldman, formulasi serum sangat terkonsentrasi dan dirancang untuk meresap ke dalam kulit dengan cepat.

Dari penjelasan tersebut, lantas bolehkah pakai kombinasi dua atau lebih serum sekaligus dalam satu waktu?

Dilansir PortalMadura.Com, Jumat (9/8/2019) dari laman Hellosehat.com, sebenarnya hal ini boleh-boleh saja. Namun yang tetap perlu Anda perhatikan, pemakaiannya tidak bisa sembarangan. Pasalnya setiap serum mengandung bahan aktif, formulasi, dan reaksi yang berbeda pada kulit.

Apabila Anda tetap memaksakan atau sembarangan mencampur dua atau lebih serum, yang juga disebut layering tersebut, kemungkinan bisa membuat kulit yang sensitif mengalami iritasi.

Oleh sebab itu, Anda harus tahu betul produk yang akan digunakan. Kunci untuk menggunakan lebih dari satu serum sekaligus adalah dengan mengombinasikan bahan aktif di dalamnya.

Cara Aman Mengombinasikan Serum

Perlu Anda ketahui, tidak semua serum bisa dipakai berbarengan. Misalnya, dua produk yang mengandung asam tidak boleh digabung karena pemakaiannya akan meningkatkan risiko iritasi kulit.

Selain bahan aktif, hal lain yang perlu diperhatikan adalah formulasinya. Serum yang lebih cair harus digunakan terlebih dahulu agar penyerapannya sempurna. Sementara serum yang lebih kental atau mengandung minyak sebaiknya digunakan setelahnya.

Tidak hanya itu, terlalu banyak produk juga bisa membuat penyerapannya tidak maksimal dan risiko iritasi lebih tinggi. Jadi, sebaiknya Anda tidak menggunakan lebih dari 3 produk serum setiap pemakaian.

Kombinasi Dua Serum yang Sebaiknya Dihindari

Pada hakikatnya setipa orang mempunyai masalah kulit yang berbeda-beda. Jadi, serum yang dikombinasikan pun haruslah yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda. Namun prinsipnya, perhatikan betul kandungan bahan aktifnya. Karena, bahan-bahan tertentu bisa menimbulkan masalah jika digunakan secara berbarengan, seperti:

Loading...

Vitamin C dan Retinol

Serum vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polutan. Selain itu, vitamin C juga membantu menyamarkan bintik gelap dan merangsang produksi kolagen untuk mengurangi garis halus.

Sementara itu, retinol dan retinoid merupakan turunan vitamin A yang bisa menyamarkan bintik cokelat dan garis halus. Akan tetapi, bahan aktif ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Baca Juga : Perhatikan Hal Ini Saat Anda Gunakan Serum Vitamin C

Sedangkan vitamin C dan retinol hanya bekerja secara optimal di kadar pH yang berbeda. Vitamin C diformulasikan berada di pH kurang dari 3,5 sementara retinol bekerja paling maksimal di pH 5,5 sampai 6.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan vitamin C dan retinol di waktu terpisah misal, pagi dan malam hari. Jangan pakai kombinasi dua serum ini dalam satu waktu. Karena jika dipaksakan, kemungkinan bukan cantik yang akan Anda dapatkan melainkan masalah kulit baru.

AHA atau BHA dan Retinol

Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah senyawa yang digunakan untuk mengeksfoliasi. Kedua bahan aktif ini juga digunakan untuk meratakan warna kulit wajah. Sementara retinol berfungsi dalam mengobati jerawat dan mengurangi bintik cokelat, garis halus, serta kerutan.

Apabila Anda menggunakannya sekaligus, maka keduanya bisa menyebabkan kulit sangat kekeringan. Kulit yang sangat kering tidak hanya rentan mengelupas, tapi juga mengalami kemerahan dan iritasi.

Oleh karena itu, kombinasi dua serum antara AHA dan retinol atau BHA dan retinol tidak direkomendasikan dipakai bersamaan. Gunakan salah satunya saja bergantian di pagi atau malam hari.

Benzoil Peroksida dan Retinol

Benzoil peroksida merupakan senyawa yang berfungsi untuk melawan bakteri di dalam jerawat. Saat Anda memakai krim jerawat yang mengandung bahan kimia aktif ini, ia akan bekerja memberikan oksigen ke dalam pori-pori untuk membunuh bakteri di jerawat.

Sedangkan retinol adalah turunan vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini seperi kerutan atau garis halus di wajah.

Jadi, serum yang mengandung benzoil peroksida dan retinol sebaiknya tidak digunakan secara bersamaan. Ini karena kombinasi kedua produk ini bisa menghilangkan efek satu sama lain.

Selain itu, retinol juga tidak boleh digunakan dengan produk yang mengandung asam seperti vitamin C karena bisa mengiritasi kulit.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com

Komentar