oleh

Pakai Zoom Buat Video Conference? Begini 3 Cara Agar Makin Lancar

PortalMadura.Com – Semenjak pandemi covid-19, sistem belajar mengajar ataupun pekerjaan tertentu menjadi terbatas. Di mana para pelajar atau pekerjanya dianjurkan untuk mengejarkan tugas-tugasnya di rumah saja.

Untuk itu, para pekerja, mahasiswa, atau pelajar, banyak menggunakan aplikasi video conference Zoom untuk bisa terhubung secara virtual baik itu untuk meeting atau kelas online.

Jadi, aplikasi video conference Zoom ini kini seolah wajib ada di smartphone atau laptop masing-masing. Tidak heran jika lonjakan penggunaan platform ini membuat berbagai masalah mengintai, mulai dari privasi hingga keamanan. Perusahaan pun meningkatkan Zoom dengan berbagai fitur keamanan.

Meski begitu disukai, ternyata aplikasi Zoom juga kerap bikin kesal karena kalau dipakai berlama-lama sering lemot. Berikut sejumlah tips untuk membuat Zoom makin lancar, seperti dilansir Liputan6.com yang dikutip dari ZDnet:

Reboot Tiap Hari

Jika Anda tiap hari pakai Zoom, cobalah untuk me-reboot aplikasi ini ketika selesai dipakai. Dengan begitu ketika dibuka lagi, kinerja dan stabilitas Zoom jadi makin lancar.

Update Teratur

Zoom terus memperbarui platformnya, baik itu secara fitur maupun tampilan. Hal ini tentu agak menyebalkan karena ada posisi yang berubah. Sebagai pengguna Anda harus sigap menyesuaikan perubahan itu.

Kendati demikian, update-update ini hadir dengan sejumlah tambalan keamanan. Jadi, pastikan Anda selalu memperbarui Zoom di laptop atau smartphone ke versi terbaru.

Cek Semua Hal Sebelum Melakukan Zoom Meeting

Jangan beranggapan kalau Anda selesai satu meeting kemudian meeting selanjutnya pasti akan lancar. Pastikan sebelum meeting, cek semua hal, terutama audio dan video.

Jika Anda mau melakukan hal yang biasa tidak dilakukan, misalnya screen sharing, music sharing, atau menggunakan ruang istirahat, sangat disarankan untuk berlatih memakainya sebelum meeting sebenarnya dimulai.

Dengan memahami Zoom, Anda akan dapat menghemat waktu dan membuat peserta lain tidak menunggu lama sembari Anda mencari fitur yang ingin dipakai.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar