Pamekasan Diusulkan Jadi Pusat Pemerintahan Provinsi Madura

Avatar of PortalMadura.com
Pamekasan Diusulkan Jadi Pusat Pemerintahan Provinsi Madura
Suasana pertemuan Forum Masyarakat Madura dan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam (Foto: Marzukiy @PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Forum Masyarakat Madura mengusulkan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, untuk diproyeksikan menjadi pusat pemerintahan provinsi Madura.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Masyarakat Madura, M. Nasir dalam acara penyerahan naskah hasil kajian akademik pemekaran kota Pamekasan oleh Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura kepada Bupati Baddrut Tamam dan Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Rabu (17/2/2021).

Menurut M. Nasir, Pamekasan merupakan kabupaten yang sangat layak menjadi pusat pemerintahan dibandingkan dengan tiga kabupaten lainnya di Madura.

“Kalau ditanya mana diantara kabupaten yang harus jadi provinsi (pusat pemerintahan, red), ya yang jelas Pamekasan. Jangan yang lain karena didukung oleh bupati, perjuangan bupatinya yang patut kita hargai,” katanya di hadapan undangan.

Baca Juga:  Sumenep Luncurkan Bupati Award Bagi Camat dan Lurah

Pamekasan sejauh ini menjadi kabupaten yang paling siap dimekarkan menjadi dua daerah, yaitu Kabupaten Pamekasan dan Kota Pamekasan sebagai upaya memenuhi syarat menjadi provinsi Madura yang minimal harus lima kabupaten atau kota.

“Kalau bicara pemekaran sepertinya Sumenep yang bagus, tapi karena ini (Pamekasan, red) kesepakatan, ya tafadhol. Itu luar biasa,” ujar ketua yayasan di salah satu pondok pesantren di Bangkalan tersebut.

Dia tidak menampik jika sebagian orang atau kelompok belum menginginkan Madura menjadi provinsi. Padahal tujuan utamanya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Mereka itu tidak mengerti tujuan kita, kekayaan dari mana dan lain-lain. Mereka pesimis dulu,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.