oleh

Pamekasan Punya 122 Perpusdes, Baru 8 Berjalan Efektif

PortalMadura.Com, Pamekasan – Sebanyak 122 Perpustakaan Desa (Perpusdes) tersebar di wilayah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Namun, baru 18 desa yang dinilai aktif mengelola perpustakaan desa tersebut.

“Yang paling aktif hanya delapan Perpusdes,” terang Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan, Kusairi, Rabu (4/10/2017).

Selamat Ibadah Puasa

Delapan Perpustakaan itu, meliputi, Ananda Desa Pagendingan dan Perpustakaan Dharma Bhakti Desa Artodung di Kecamatan Galis, Perpustakaan Melati Desa Bunder, Perpustakaan Bunga Bangsa Desa Pademawu Timur, Perpustakaan Anggrek Desa Buddagan, Taman Baca Mandhala Senom Kelurahan Barurambat Timur, di Kecamatan Pademawu.

Disusul Perpustakaan Al-Hikmah Desa Bajang Kecamatan Pakong, Perpustakaan Pintar Abadi Desa Panempan, Kecamatan Pamekasan. “Untuk desa yang lain sebenarnya sudah mulai aktif kurang lebih sudah sekitar 20 desa. Bahkan di daerah utara, semisal desa waru barat, sudah mulai bangun gedung perpusdes,” terangnya.

Ia mengungkapkan, upaya intensif agar dari 122 Perpusdes yang ada bisa berlangsung maksimal sudah dilakukan, namun masih ada beberapa desa yang disinyalir kurang serius mengelola perpusdes. “Kita cari desa yang benar-benar serius untuk dibina, bukan hanya sekedar membangun perpustakaan desa saja,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asyari menyarankan pemerintahan desa agar perpus yang ada tersebut berjalan efektif. Karena dapat menunjang berlangsungnya program inovasi. Itu tidak bisa lepas dari dukungan pemuda dan masyarakat sekitar secara umum.(Hasibuddin/Putri)


Komentar