oleh

Panitia Tolak Berkas Persyaratan, Pendaftar Pilkades Plakaran Akan Tempuh Jalur Hukum

PortalMadura.Com, Sampang – Salah seorang pendaftar Pilkades Plakaran, Sumiarsih, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, akam menempuh jalur hukum.

Istri dari Moh. Romli itu merasa dirugikan oleh sikap Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Plakaran yang menolak berkas kelengkapan sebagai bakal calon kades setempat.

Moh. Romli menyampaikan, berkas kekurangan berupa surat pernyataan siap dicalonkan yang ditandatangani Camat, surat keterangan dari pengadilan dan legalisir ijazah sudah siap.

“Tiga berkas kekurangan ini, sudah diantarkan ke sekretariat P2KD, tapi panitia menolak karena pelayanan sudah tutup pukul 15:30 WIB,” ujarnya, Senin (14/10/2019).

Padahal kata dia, Sumiarsih berada di sekretariat P2KD satu jam sebelum penutupan pada Rabu, 25 September 2019 pukul 14:30 WIB.

Loading...

“Berkas ditolak tanpa diberi berita penyerahan atau berita acara. Kami tidak terima dengan tindakan panitia. Tentu kami akan menempuh jalur hukum untuk mencari keadilan,” tandasnya.

Wakil Ketua P2KD Plakaran, Darman, berdalih jika panitia sudah menjalankan sesuai aturan dengan berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35 dan 45 Tahun 2019 yang berbunyi panitia pemilihan hanya menerima berkas lamaran yang lengkap.

“Kami tidak pernah menolak pendaftar. Ibu Sumiarsih pada saat terakhir pendaftaran, berkas pendaftaran tidak lengkap atau kurang. Kami tunggu sampai batas waktu penutupan,” terangnya.

Pihaknya mengklaim panitia sudah memberikan cek list untuk kekurangan berkas syarat pendaftaran. Namun, lembaran cek list tidak dibawa bakal calon.

“Cek list ada dan ditandatangani ketua. Cuma, tidak ditandatangani ibu Sumiarsih,” pungkasnya.(*)


Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar