Panwaslu Kecamatan Batuputih Umumkan Calon PPL Lulus Administrasi

  • Bagikan
Panwaslu Batuputih

PortalMadura.Com, Sumenep – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengumumkan calon Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) untuk Pilgub Jatim yang lulus administrasi, Jumat (5/1/2018).

Dalam pengumuman yang diterbitkan Panwaslu Kecamatan Batuputih, Nomor: 25/KKP/KEC/BAWASLU-PROV.Jl-26.06/I/2018, tanggal 5 Januari 2018, ada 36 calon PPL dari 14 desa yang dinyatakan lulus administrasi.

Nama-nama calon PPL tersebut dapat di cek DISINI.

“Ada beberapa yang dinyatakan tidak lulus administrasi karena memang terkendala dokumen persyaratan, semisal foto copy ijazah yang tidak dilegalisir,” kata Ketua Pokja Pendaftaran Calon PPL se-Kecamatan Batuputih, Sumenep, M. Ridwan.

Pihaknya sudah memberi ruang dan kesempatan yang cukup luas bagi yang bersangkutan agar melengkapi, namun tidak ada tindak lanjutnya.

“Kami sudah mengingatkan yang bersangkutan paling lambat 1×24 jam sejak berkas diterima oleh Pokja. Yang bersangkutan mempunyai waktu 3×24 jam untuk melengkapi. Namun, tidak ada respon dari mereka,” ujarnya tanpa menyebutkan identitas yang tidak lolos administrasi itu.

Ia mengungkapkan, sejak nama-nama calon PPL tersebut diumumkan, maka masyarakat Batuputih mempunyai hak untuk memberi masukan pada Panwaslu Kecamatan Batuputih.

“Jadi, ada ruang dan waktu memberi tanggapan. Bisa saja ada yang bermasalah. Dan kami memang butuh masukan dari masyarakat yang sifatnya fakta dan ada bukti-bukti yang dapat ditunjukkan dan dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau agar calon PPL yang dinyatakan lulus administrasi agar mengikuti tahap berikutnya, yakni tes wawancara. “Kalau dulu, ada tes tulis. Sekarang ini, memang tidak ada aturan yang mengatur harus tes tulis. Cukup tes wawancara,” ucapnya.

Dijadwalkan, tes wawancara akan dilangsungkan, Minggu (7/1/2018) dari pukul 08.00-18.00 WIB. “Siapa yang berkualitas, berintegritas, komitmen, jujur dan mampu menguasai muatan lokal tentu akan masuk pada tahap berikutnya,” ujarnya.

Tidak kalah pentingnya, sambungnya, para calon PPL itu, benar-benar netral dan tidak terlibat partai politik atau hal-hal lain sebagaimana dalam surat pernyataan yang ada diberkas lamaran calon PPL. “Lulus tidaknya pada tahap tes wawancara itu, kembali pada kemampuan dan integritas dari calon PPL itu sendiri,” pungkasnya.(Hartono)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.