Bagaimana Cara Ketahui Password Media Sosial Anda Kuat? Cek di Sini

  • Bagikan
password
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Password merupakan kode rahasia atau kata sandi yang digunakan seseorang untuk masuk ke akun miliknya, mulai dari password media sosial sampai akun perbankan.

Penggunaan password di era digital seperti sekarang ini menjadi suatu hal yang sangat penting. Tidak lain untuk menjaga kerahasiaan masing-masing pribadi agar tidak mudah di akses orang lain.

Penyedia platform pun sering mengingatkan pengguna untuk selalu memasang password yang paling kuat. Akan tetapi, tidak seluruh pengguna menyadari hal itu dan tidak jarang masih memakai kata kunci yang mudah ditebak dan masih diragukan apakan password yang dibuatnya telah benar-benar kuat.

Beruntung, ada sejumlah tools yang memungkinkan pengguna mengetahui kekuatan dari password-nya. Namun perlu diingat, meski tools ini membantu, sebaiknya Anda tidak memasukkan password yang benar-benar digunakan, melainkan pakai kombinasi lain.

Pwned Passwords
Situs ini sebenarnya berisi daftar kata kunci yang sudah dibocorkan hacker. Karena itu, situs ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah kata kunci yang digunakan masuk dalam daftar password yang sudah bocor di internet.

Password Meter
Password Meter dapat diakses secara gratis bagi pengguna yang ingin menguji kekuatan password miliknya. Situs ini dirancang untuk memperkirakan kekuatan password sehingga Anda dapat menggantinya apabila dirasa kurang meyakinkan.

How Secure Is My Password
Situs ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Password Meter yakni membantu pengguna mengetahui kekuatan password. Kendati demikian, harus diingat untuk tidak memasukkan password yang sedang Anda gunakan di sebuah akun.

Sementara bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat password yang susah ditebak, salah satu caranya adalah membuat kata kunci yang panjang.

Dalam hal ini, panjang yang dimaksud bukan sekadar membuat kombinasi angka atau huruf saja. Sebisa mungkin, Anda membuat password dari kata-kata yang sebenarnya kalimat pendek.

Lantas, huruf yang ada di dalamnya dapat diganti dengan kombinasi angka atau tanda baca. Untuk memudahkan, Anda dapat memakai kalimat yang dekat dengan keseharian. (Liputan6.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.