Para Ayah, Ini 5 Investasi yang Harus Anda Lakukan Demi Masa Depan Keluarga

Avatar of PortalMadura.com
Para Ayah, Ini 5 Investasi yang Harus Anda Lakukan Demi Masa Depan Keluarga
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang ayah atau yang biasa dikenal dengan sebutan kepala rumah tangga tentunya memiliki tanggungjawab yang sangat besar. Bukan hanya mengurus keluarga tapi masalah keuangan juga biasanya menjadi bebannya.

Sebagian besar dari mereka bekerja untuk menafkahi keluarga. Namun terkadang pekerjaan masih kurang mencukupi biaya kebutuhan rumah tangga. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda sebagai ayah lebih sadar pentingnya perencanaan keuangan dan berinvestasi sejak dini.

Nah, untuk menyelamatkan keluarga dari kebangkrutan, berikut ini ada 5 yang harus dilakukan oleh para ayah untuk masa depan keuangan keluarga yang lebih baik:

Pelajari Keahlian Baru
Investasi pertama yang perlu dilakukan oleh para ayah adalah mempelajari keahlian baru. Misalnya, saat ini Anda merupakan seorang karyawan yang bekerja untuk perusahaan sebagai supervisor atau manajer, untuk itu Anda wajib mengembangkan keahlian yang berhubungan dengan pekerjaan.

Namun, jangan pernah terkotakkan dalam suatu hal. Pelajari ilmu dan keahlian baru di luar pekerjaanmu, misalnya keahlian yang sesuai dengan hobi yakni bidang otomotif, elektronik dan sebagainya. Suatu saat bisa saja keahlian tersebut jadi sumber penghidupan dan keluarga di masa depan.

Jangan Pikir Panjang untuk Beli Gadget Baru
Pesan dari judul di atas adalah jangan ketinggalan zaman. Bukan berarti setiap ada gadget keluaran terbaru harus membelinya, tetapi cobalah untuk tetap mengikuti perkembangan zaman dengan bijak.

Karena di era sekarang dan di masa depan, peran teknologi terutama gadget bakal sangat besar terhadap perekonomian. Bisnis, pekerjaan, sampai investasi saham pun sekarang sudah mulai dapat dijalankan dengan gadget yang tentunya sangat membantu.

Buka Tabungan Pensiun
Anda tidak selamanya berada dalam usia produktif. Suatu saat, perusahaan bakal mengganti Anda dengan pekerja lain yang lebih muda dan segar. Kalau sudah begitu tidak mungkin mengandalkan uang pensiunan saja kan?.

Makanya, mulai dari sekarang berusaha mengumpulkan uang untuk tabungan pensiun. Tabungan yang dilakukan bukan sekedar uang di ATM, tetapi dituangkan dalam bentuk investasi seperti saham atau reksadana dan sebagainya. Ketahui rumus tabungan pensiun dan pastikan jumlahnya sudah aman dari sekarang.

Jaga Kesehatan
Kalau tidak menjaga kesehatan dengan baik, masa tua bakal repot dan menghabiskan banyak uang.

Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan uang banyak hanya untuk bolak-balik rumah sakit bukan?. Jadi, mulai dari sekarang jagalah kesehatan dengan rutin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat.

Selain itu, segera daftarkan diri dalam program asuransikesehatan. Hal ini sangat berguna kalau terjadi hal-hal di luar rencana dan tidak diinginkan. Pasalnya sebagai kepala keluarga tentunya Anda tidak mau bangkrut karena biaya rumah sakit yang mencekik.

Lindungi Keluarga dari Ketidakpastian
Hal terakhir adalah keluarga. Ya, Anda harus melindungi keluarga dari segala ketidakpastian. Bisa saja Anda tidak mampu bekerja lagi karena mengalami kecelakaan atau bahkan meninggal. Tentu, keluarga harus tetap menjalani hidup. Mengingat hal tersebut, harus mengambil langkah yang bijak.

Langkah paling baik adalah melindungi diri dan keluarga dengan asuransi. Mulai dari asuransijiwa sampai asuransipendidikan untuk anak. Semua hal ini dilakukan demi kebaikan keluarga. (islamidia.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.