Para Guru, Ini 10 Karakter yang Harus Anda Miliki

Avatar of PortalMadura.com
Para Guru, Ini 10 Karakter yang Harus Anda Miliki
ilustrasi

PortalMadura.Com – Guru merupakan seorang pendidik yang juga memiliki pengaruh besar terhadap perilaku anak didiknya selain orang tua. Sosok inilah yang memberikan ilmu dan teladan kepada generasi muda yang dididiknya.

Sebab, hanya guru berkarakter yang dapat melahirkan siswa berkarakter. Sayangnya, tidak semua pendidik bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Bahkan, saat ini sudah banyak ditemui kasus seorang guru berbuat hal yang tidak semestinya terhadap muridnya, seperti pelecehan seksual.

Padahal, seorang guru seharusnya memiliki sepuluh karakter berikut ini agar bisa menjalankan tugasnya untuk melahirkan siswa berkarakter:

Salimul Aqidah (Bersih Akidahnya)
Guru yang memiliki akidah yang bersih akan mempersembahkan semua yang ada dalam dirinya hanya untuk Allah semata, termasuk dalam hal mendidik siswa.

Sebagaimana firman Allah: “Katakanlah: sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam” (QS al-An’am : 162).

Sahihul Ibadah (Benar Ibadahnya)
Guru yang benar ibadahnya adalah guru yang dalam menjalankan seluruh aktivitasnya, termasuk dalam mendidik siswa sebagai sarana ibadah kepada-Nya. Ibadahnya pun sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah.

“Salatlah kamu seperti yang kamu lihat aku salat” (HR Bukhari).

Matinul Khuluq (Kokoh Akhlaknya)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.