Para Introvert, Ini 8 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Bagi Anda

Avatar of PortalMadura.com
Para Introvert, Ini 8 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Bagi Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang mungkin akan berpikir bahwa pribadi cenderung pendiam, tidak banyak tingkah dan bicara. Tidak sedikit juga yang mengatakan mereka yang memiliki sifat itu lebih sulit mencari pekerjaan.

Tapi siapa sangka, ada banyak dan bayarannya pun lumayan besar. Jadi, bagi Anda yang pendiam, Anda tidak perlu berkecil hati tidak bisa mendapat pekerjaan. Karena, pekerjaan ini tidak mengharuskan Anda berinteraksi dengan banyak orang.

Penasaran apa saja pekerjaan itu?. Yuk simak penjelasan berikut ini:

Freelance Writer
Penulis lepas alias freelance writer jelas bisa jadi kerja sampingan untuk Anda yang pendiam dan introvert. Pasalnya, untuk melakukan pekerjaan ini Anda tidak akan banyak diskusi dengan klien. Kalaupun ada, hanya di awal atau saat revisi. Itu pun bisa dilakukan via email.

Freelance writer jenisnya bisa beragam, tapi umumnya adalah penulis konten di sebuah situs. Selain kreatif, mereka juga harus punya pemahaman soal SEO, agar tulisan yang mereka buat bisa muncul di halaman pertama Google.

Translator atau Editor Bahasa
Masih di dunia tulis menulis, rekomendasi kerja sampingan selanjutnya adalah translator alias penerjemah atau editor bahasa untuk buku.

Mengingat banyak sekali buku-buku impor yang harus diterjemahkan dulu sebelum dijual, maka jasa penerjemah sekaligus editor bahasa ini sangat diperlukan.

Untuk bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai usaha sampingan, tentu saja wajib punya kemampuan bahasa di atas rata-rata. Menerjemahkan itu tidak gampang, dan Anda tidak bisa sekadar menerjemahkan saja. Tata bahasanya juga harus diubah agar buku itu enak dibaca.

Desainer Grafik
Buat yang lulusan desain grafis tentu saja sudah paham kalau pekerjaan ini bisa jadi kerja sampingan. Desainer grafik juga merupakan pekerjaan yang tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.

Tantangan utama pekerjaan ini adalah mengetahui keinginan si klien dan mencoba menerjemahkan keinginan mereka itu menjadi desain. Jadi harus sabar juga ya.

Penjual Foto di Dunia Digital
Kerja sampingan yang satu ini khusus untuk Anda pencinta dunia fotografi. Tujuan utama Anda adalah menjual foto hasil jepretan ke dunia digital. Intinya, Anda jadi kontributor foto, dengan hasil yang keren lalu dijual. Apalagi saat ini banyak website yang bisa membuat Anda kaya dengan cara jual foto.

Driver Online
Tantangannya harus hafal jalan, dan sebisa mungkin tidak perlu bertanya ke penumpang, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps dan Waze saat menjalankan pekerjaan sampingan ini.

Kurir Transportasi Online
Selain hafal jalan, kemampuan berkendara Anda juga harus mumpuni. Karena bisa jadi pelanggan Anda bisa mengirim barang berupa cake, tumpeng, makanan berkuah atau minuman.

Teknisi Audio
Teknisi audio tidak mesti jago main musik, karena urusan teknisi audio adalah rekaman, mixing, dan mastering. Tentunya dia harus jago untuk urusan sound, dan punya pendengaran yang tajam.

Tugas teknisi audio adalah memoles kualitas audio rekaman sampai terdengar enak bahkan di speaker butut sekalipun. Buat pekerjaan yang satu ini, tentu saja Anda tidak perlu banyak berinteraksi.

Programmer
Ini pekerjaan yang pas untuk mereka yang dulunya kuliah di jurusan teknik informatika. Dengan banyaknya perusahaan startup di Indonesia, maka tidak sedikit juga dari mereka yang kerap menggunakan jasa programmer.

Semua programmer tentunya lebih banyak berkutat di depan monitor dibandingkan berinteraksi dengan orang lain. Kalaupun ada briefing, tentu bisa lewat media pesan atau telepon. Tidak perlu tatap muka juga bisa. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.