Para Istri, Ini 6 Cara Mudah Tes Kehamilan Tanpa Gunakan Testpack

Avatar of PortalMadura.com
Para Istri, Ini 6 Cara Mudah Tes Kehamilan Tanpa Gunakan Testpack
ilustrasi

PortalMadura.Com – Istri yang hamil biasanya ditandai dengan telat haid, badan sering pegal linu, perut terasa penuh angin, sering mual, dan emosi yang naik turun. Nah, bila mereka sudah mengalami gejala-gejala itu, biasanya mereka perlu menggunakan untuk mengeceknya.

Pada umumnya, testpack yang ada di pasaran digunakan untuk mengecek ada tidaknya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin), yaitu hormon glikoprotein dari keluarga gonadotropin yang awalnya disintesis oleh embrio manusia, dan kemudian dilanjutkan oleh syncytiotrophoblast, bagian dari plasenta, selama masa kehamilan.

Namun, bagaimana kalau tidak memiliki testpack atau belum sempat membelinya?. Anda tidak perlu khawatir, ada sejumlah tes yang bisa dicoba di rumah untuk mencari tahu hamil atau tidak.

Nah, bagi Anda yang sedang ingin mengetes kehamilan tapi belum ada testpack, Anda bisa mencoba tes-tes berikut ini:

Menggunakan Gula
Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan. Cukup sediakan wadah khusus untuk menampung urin. Setelah urin tertampung, masukan 2-3 sdm gula ke dalamnya. Kalau reaksinya muncul gumpalan dan gula tidak larut, kemungkinan Anda hamil.

Sebab jika Anda hamil, hormon HCG akan bereaksi dengan molekul gula. Tapi kalau reaksi yang muncul gula larut seperti biasa atau tidak ada perubahan apa-apa, bisa jadi Anda belum hamil.

Menggunakan Air Sabun
Larutkan sabun dalam air, aduk hingga berbusa. Siapkan urin yang akan diuji di suatu wadah, lalu tambahkan busa air sabun. Kalau reaksinya muncul lebih banyak busa atau buih, ada kemungkinan Anda hamil.

Biarkan Urin 3-4 Jam
Untuk cara yang satu ini memang butuh kesabaran lebih. Yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan urin dalam sebuah botol. Lalu diamkan 3-4 jam. Jika nanti muncul banyak busa putih di permukaan urin, ada kemungkinan Anda positif hamil.

Menggunakan Baking Soda
Siapkan 2 sdm baking soda lalu letakan di wadah seperti mangkuk. Kemudian tambahkan beberapa tetes urin. Kalau soda bereaksi dengan urin, kemungkinannya Anda positif hamil.

Menggunakan Cuka
Ada cuka dapur di rumah?. Bisa juga dimanfaatkan. Siapkan cuka dalam wadah mangkuk, lalu tambahkan urin. Awalnya mungkin akan muncul gelembung tapi bukan itu tandanya. Tunggu lebih lama lagi. Kalau larutan cuka dan urin tampak memudar, ada kemungkinan Anda positif hamil. Tapi kalau tidak ada perubahan warna, berarti belum hamil.

Menggunakan Pemutih Pakaian
Simpel dan terbilang cukup akurat juga. Caranya tinggal kumpulkan urin di sebuah wadah, lalu tambahkan pemutih pakaian. Kalau kemudian muncul gelembung dan berbusa, ada kemungkinan positif hamil. Tapi kalau tidak ada reaksi apa-apa, sepertinya memang masih negatif.

Akan tetapi, ada baiknya Anda melakukan tes tersebut di pagi hari. Kenapa?. Karena kandungan HCG umumnya lebih tinggi dalam urin yang dikeluarkan di pagi hari. Sehingga cara mendeteksi dan mengetes kehamilannya bisa lebih mudah.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa cara-cara di atas hanya sebatas referensi saja. Keakuratannya mungkin bisa berbeda pada setiap wanita. Biar tidak makin bingung, segera konsultasi ke dokter kandungan untuk mendapat jawaban yang paling tepat. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.