oleh

Para Mahasiswa, Ini 9 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Anda Lakukan

PortalMadura.Com – Menjadi seorang mahasiswa tentu tidaklah mudah, selain harus mempersiapkan mental untuk menuntut ilmu, juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Banyak orang tua yang terkadang mengeluh akan biaya kuliah anak-anaknya.

Jadi, tidak ada salahnya Anda membantu mengurangi beban orang tua. Karena, tidak selamanya Anda harus menggantungkan diri kepada orang tua. Anda harus memiliki keinginan untuk bisa mandiri dan tidak merepotkan mereka lagi.

Lantas, kira-kira apa saja pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa?. Berikut ini beberapa di antaranya:

Guru Les Privat
Mahasiswa, terutama yang kuliah di fakultas keguruan, sering jadi guru les privat untuk menambah penghasilan. Ada banyak cara mengiklankan diri, salah satunya lewat media online.

Dropshipper Online Shop
Sebagai dropshipper, Anda bisa menjual suatu produk tanpa memerlukan modal. Dengan begitu, Anda tidak perlu menanggung risiko barang tidak laku.

Instruktur Olahraga
Olahraga tidak hanya bisa menjadi hobi, tapi juga ajang cari rezeki. Buat mahasiswa, mungkin bisa menjadi instruktur fitness. Selain menambah pemasukan, Anda bisa sekalian menjaga kesehatan. Mahasiswa jurusan olahraga cocok untuk pilihan ini.

Juru Foto atau Video
Bila hobi Anda fotografi, tidak ada salahnya kerja sampingan sebagai juru foto atau video. Tentunya bila Anda punya kemampuan fotografi.

Caranya, buka layanan sendiri via media sosial. Mungkin bisa bekerja sama dengan beberapa teman lain agar lebih mudah menjaring proyek. Proyek yang bisa diambil, antara lain prewedding hingga wedding.

Musikus


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.