oleh

Para Orang Tua, Ini 5 Cara Dongkrak Semangat Si Kecil Saat Puasa

PortalMadura.Com – Melihat anak yang pertama kali berpuasa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Biasanya orang tua merasa tidak tega melihat si kecil yang menahan lapar dan haus seharian.

Sebenarnya anak sudah bisa diajarkan berpuasa seharian sejak usia enam tahun. Jadi, apabila anak dirasa tidak kuat Anda bisa mengajarkannya berpuasa secara bertahap. Misalnya mulai dari dari dua jam, dan seterusnya. Disela-sela melatih anak dengan perut kosong, Anda bisa sambil memberikan semangat padanya saat berpuasa.

Bagaimana caranya?. Simak penjelasan berikut ini:

Indahnya Kebersamaan Saat Ramadan
Jika makan bersama merupakan momen langka di keluarga, maka santap sahur dan berbuka bisa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Anak bisa berkumpul orang tua, kakak, adik, sambil bercerita dan tertawa bersama.

Ibadah Bersama
Setelah santap keluarga, yang tidak boleh dilewatkan adalah ibadah bersama. Seperti salat Subuh, salat Maghrib, dan Tarawih berjamaah. Selain mengakrabkan diri, Anda sekaligus mengajarkan dua kewajiban sebagai muslim yaitu salat dan puasa.

Berbagi dengan Sesama
Selain menahan lapar dan haus, jangan lupa selalu mengingatkan jika bulan Ramadan adalah saatnya berbagi kebaikan dengan sesama. Libatkan anak dalam berbagai kegiatan amal, misalnya menyumbangkan baju layak pakai, memberikan makanan sahur dan berbuka bagi orang yang membutuhkan, atau berkunjung ke panti asuhan.

Hadiah Lebaran
Setiap orang pasti senang saat diberi hadiah. Maka tidak ada salahnya orang tua menjanjikan hadiah jika anak menjalankan kewajibannyak berpuasa. Seperti belanja baju baru dan uang salam tempel.

Menyiapkan Sajian Berbuka
Saat anak diikutsertakan dalam menyiapkan sajian berbuka, secara tidak langsung membuat ia merasa mempunyai peran. Apalagi jika memasak menu favoritnya. Jadi, ajak anak berkreasi dengan memasak. (liputan6.com/Putri)


Komentar