Para Orang Tua, Ini 6 Cara Hindari Kehilangan Si Kecil Ketika Bepergian

Avatar of PortalMadura.com
Para Orang Tua, Ini 6 Cara Hindari Kehilangan Si Kecil Ketika Bepergian
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai macam cara yang dilakukan orang tua untuk membahagiakan anak-anaknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak berlibur bersama.

Sayangnya, niat hati ingin bersenang-senang bisa buyar di tengah jalan bila di tempat wisata yang dituju. Saat bepergian, terkadang orang tua memang tidak bisa setiap waktu mengawasi anak-anak mereka.

Nah, dari pada terus diliputi rasa was-was, sebaiknya Anda mulai berstrategi dengan membuat pencegahan kehilangan anak saat bepergian. Apa saja yang harus Anda lakukan?.

Baca Juga: 5 Fase Duka yang Akan Dirasakan Anak Ketika Kehilangan Orang Tua

Berikut enam cara menghindari kehilangan si kecil ketika bepergian:

Menetapkan Aturan Sebelum Bepergian
Setiap orang tua pasti merasa khawatir jika anaknya terpisah dari dirinya. Salah satu cara agar anak tidak hilang saat bepergian dengan menetapkan aturan dasar sebelum berangkat bepergian.

Orang tua wajib mengingatkan anak-anak tentang aturan tersebut saat dalam perjalanan. Jelaskan bahwa anak yang lebih kecil tidak pernah berkeliaran sendirian, terlepas dari seberapa aman perasaan mereka. Beri tahu anak untuk memberi kabar kepada orang tua sebelum pergi.

Memberikan Tanda Pengenal untuk Anak
Sebaiknya para orang tua menyuruh anak-anak kecilnya memakai tali dengan identitas seperti tanda pengenal agar orang lain mengetahui identitas anak tersebut. Orang tua dapat memberikan identitas pada anak dengan memberikan pin di baju anak agar mudah dicirikan.

Usahakan untuk mengingatkan anak Anda tentang adanya identitas ini. Segala atribut yang terpasang diusahakan dapat terlihat dan dikenali orang lain sehingga anak Anda mudah ditemukan dengan cepat jika terjadi kehilangan.

Menggunakan Pakaian yang Mudah Dilihat
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar anak Anda mudah dicirikan, salah satunya beri anak Anda pakaian dengan warna yang mencolok agar mudah dilihat. Anda juga bisa memilih pakaian yang berbeda atau unik seperti model pakaian. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam mencari si kecil di kerumunan orang.

Tulis Informasi Kontak Anda
Sebelum bepergian, sebaiknya para orang tua mengingatkan anak-anak untuk membawa identitas orang tua seperti KTP ataupun tanda pengenal lainnya. Anda juga dapat menulis informasi kontak Anda, seperti nomor telepon dan alamat rumah, lalu dimasukkan ke dalam tas anak.

Tetapkan Tempat Pertemuan
Setelah sampai di tempat tujuan, usahakan para orang tua menetapkan tempat yang dapat dituju oleh anak Anda seperti gerai informasi, pintu masuk, dan landmark menjadi titik pertemuan yang baik jika terjadi perpisahan.

Disarankan untuk anak-anak kecil harus diberi tahu untuk tetap berada di tempat mereka, memanggil ibu atau ayah dengan keras. Hal ini bisa sangat penting jika mereka berada di area terbuka, seperti taman, sehingga mereka tidak berkeliaran lebih jauh.

Ajari Anak untuk Meminta Bantuan
Ajari anak untuk meminta bantuan jika mereka terpisah dari orang tua. Ingatkan mereka untuk meminta bantuan kepada orang dewasa dengan penampilan yang meyakinkan, seperti orang-orang berjas ataupun orang yang memakai seragam yaitu penjaga keamanan.

Mereka akan lebih mudah mengingat orang-orang dengan pakaian yang sudah diingatkan sebelumnya. Hal ini juga dapat meminimalisir anak Anda dari perilaku orang jahat jika terjadi perpisahan selama perjalanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.