oleh

Para Pemimpin Uni Eropa Berkomitmen untuk Netralitas Karbon

PortalMadura.Com – Para pemimpin Uni Eropa menegaskan kembali pada komitmen mereka terhadap netralitas karbon pada tahun 2050 pada KTT di Brussel, Kamis, tetapi gagal untuk secara bulat menyetujui implementasinya akibat kekhawatiran Polandia.

Kepala negara dan pemerintah Eropa memutuskan untuk kembali ke topik pada KTT Juni 2020.

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, menekankan komitmen UE untuk peta jalan yang diuraikan dalam paket kebijakan Kesepakatan Hijau Uni Eropa tentang transisi ke netralitas karbon pada konferensi pers setelah hari pertama diskusi.

Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan, dia cukup puas dengan hasilnya, yang dia gambarkan sebagai kemajuan besar tetapi mengakui bahwa banyak hal perlu didiskusikan secara intens.

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, juga menyambut solusi yang memberi Polandia fleksibilitas luar biasa setelah dia mendapatkan pembebasan dari netralitas iklim 2050.

Loading...

Rekan dia dari Ceko, Andrej Babis, juga mencapai tujuannya ketika kesimpulan pertemuan menyebutkan energi nuklir sebagai bagian dari campuran energi beberapa negara anggota.

Netralitas karbon, atau memiliki jejak karbon nol karbon, mengacu pada pencapaian emisi nol karbon dioksida bersih dengan menyeimbangkan emisi karbon dengan penghilangan karbon atau hanya menghilangkan emisi karbon secara keseluruhan.

Sementara itu, para pemimpin menunda negosiasi tentang anggaran UE untuk periode 2021-2027.

Michel akan terus mengadakan pembicaraan bilateral dengan pemerintah tentang kerangka kerja keuangan multinasional.

Dewan Eropa juga menyatakan dalam kesimpulannya bahwa Kesepakatan Perbatasan Maritim Turki-Libya tidak dapat menghasilkan konsekuensi hukum apa pun untuk negara ketiga dan menegaskan kembali solidaritasnya dengan Yunani dan Siprus.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Anadolu Agency
Berita PortalMadura
Loading...

Komentar