Pariwisata Bisa Jadi Penguat Cadangan Devisa Nasional. Ini Alasannya

Avatar of PortalMadura.Com
Pariwisata Bisa Jadi Penguat Cadangan Devisa Nasional. Ini Alasannya
ilustrasi

PortalMadura.Com bisa menjadi sektor andalan untuk mendukung penguatan cadangan devisa karena neraca pembayarannya yang selalu surplus. Hal ini setidaknya diungkapkan I Gde Pitana, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata dalam pertemuan di Hotel Hilton Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Angka yang selalu surplus menurut Pitana terjadi karena antar ekspor, yaitu pendapatan devisa dari kedatangan wisman ke Indonesia dibanding impor, dalam hal ini berupa pengeluaran wisata Indonesia di luar negeri, selalu menunjukan angka yang positif.

”Sektor pariwisata dalam menghasilkan devisa perlu mempersiapkan produk wisata yang menarik serta melakukan promosi yang gencar yang membutuhkan waktu sekitar enam bulan,” kata I Gde Pitana.

Perolehan Devisa Selalu Meningkat

I Gde Pitana menjelaskan, tren perolehan devisa pariwisata yang terus meningkat dalam empat tahun belakangan ini seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang pada tahun 2017 lalu sebanyak 14,1 juta wisman. Pada tahun ini, ditargetkan sebanyak 17 juta wisman dan meningkat menjadi 20 juta wisman dengan perolehan devisa sebesar Rp 280 triliun pada tahun depan.

Data balance of payment pariwisata yang dikeluarkan BI pada 2016 menunjukkan surplus sebesar USD 3,688 miliar. Nilai ekspor sebesar USD 11,238 miliar, sedangkan nilai impor sebesar US$ 7,549 miliar.

Seperti diketahui dalam rapat terbatas (Ratas) baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menagih strategi kebijakan penguatan cadangan devisa yang telah dijalankan oleh jajarannya dalam memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Penguatan cadangan devisa Indonesia sangat penting bagi ketahanan ekonomi terutama dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Paket Wisata Asian Games 2018

I Gde Pitana didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Kemaritiman Ni Wayan Giri dan Kepala Biro Komunikasi Publik (Komblik) Kemenpar Guntur Sakti menjelaskan, Kemenpar bersama industri pariwisata yang diwakili oleh ASITA sejak tahun lalu telah menyiapkan 75 paket wisata untuk menyukseskan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

“Sebanyak 75 paket wisata tersebut tersebar di 7 destinasi unggulan yaitu Jakarta, Banten dan Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jateng dan Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali. Paket wisata ini gencar dipromosikan ke mancanegara terutama pada event-event pariwisata di kawasan Asia,” kata I Gde Pitana.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang diikuti 10.000 atlet dan 5.000 officials dari 45 negara yang akan berlaga dalam 462 pertandingan serta disaksikan sekitar 2 juta penonton. Kegiatan pesta olahraga terbesar dunia, setelah Olimpiade, ini diproyeksikan akan menarik kunjungan sebanyak 200.000 wisatawan mancanegara (wisman) dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp 3,6 triliun .

Kegiatan Asian Games 2018 memberikan dampak terhadap perekonomian Indonesia di antaranya meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga. (liputan6.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.