oleh

Moms, Ini 3 Cara Mudah Ajarkan Si Kecil Memasak

PortalMadura.Com – Saat mengajarkan anak untuk mencoba sesuatu hal yang baru, kesabaran memang sangat diperlukan. Salah satunya seperti mengajarkan cara memasak pada si kecil. Perlu orang tua ingat, jangan pernah takut jika anak nanti terluka, orang tua bisa mengajaknya dengan memasak resep yang mudah terlebih dahulu.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan CDC’s Preventing Chronic Disease: Public Health Research, Practice and Policy, anak yang sejak dini belajar memasak dan menghabiskan waktunya menyiapkan makanan untuk keluarga akan lebih bisa mengembangkan kebiasaan makannya.

Perkembangan yang dimaksud adalah anak bisa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta bisa lebih menerima makanan yang belum pernah dicicipinya. Dengan mengajak si kecil memasak, pastinya anak akan bisa belajar banyak hal baru seperti warna, tekstur, dan aroma dari makanan.

Bagi Anda yang tertarik mengajak si kecil memasak, ada baiknya mengikuti tiga cara mudah berikut ini:

Berikan Peran dan Tugas Masing-masing pada Anak
Anda bisa menyuruh sang kakak untuk memotong atau mengupas sayuran, dengan begitu anak akan belajar tekstur dan aroma dari makanan. Sedangkan untuk adik bisa membantu mencampurkan adonan untuk melatih gerak motoriknya. Dengan begini, mereka bisa belajar hal baru dan lebih aktif melakukan suatu kegiatan positif bersama keluarga.

Cobalah dengan Resep yang Simpel dan Sederhana
Memang mengajar anak memasak susah-susah gampang, namun Anda bisa menyiasatinya dengan menyiapkan bahan-bahan yang simpel dan mudah dikenalinya sehingga si kecil bisa tertarik untuk memasak. Resep yang simpel biasanya membutuhkan bahan dan cara pembuatan yang mudah. Anda juga bisa mengajaknya untuk memasak makanan kesukaannya.

Terapkan Tema Makanan biar Suasana Makin Seru
Selain resep yang mudah, tema makanan juga bisa jadi faktor penting agar anak bisa belajar cara memasak. Anda bisa mengajarinya membuat makanan Italia, seperti spaghetti ataupun macaroni schotel yang pastinya enak dan juga sehat.

Anda dan si kecil bisa berdiskusi terlebih dahulu akan memasak apa agar bisa punya waktu persiapan yang banyak. Tentunya, anak akan semakin senang memasak dan bisa membagi makanan tersebut dengan para anggota keluarga. Siapa tahu buah hati Anda bisa menjadi koki yang handal di masa depan. (vemale.com/Salimah)


Komentar