Parlemen Regional Siap Pilih Presiden Catalonia

Avatar of PortalMadura.Com
Parlemen Regional Siap Pilih Presiden Catalonia
Ilustrasi (Foto. newsfirst.lk)

PortalMadura.Com, Madrid – Parlemen Catalonia mengumumkan rencana pemungutan suara untuk pencalonan mantan pemimpin Carles Puigdemont sebagai presiden kawasan tersebut.

Jumat (26/1/2018), Anadolu melansir, Ketua parlemen baru Roger Torrent mengatakan pemungutan suara itu akan diadakan pada 30 Januari.

Pernyataan Torrent tidak menjelaskan apakah Puigdemont akan hadir di sesi parlemen itu atau hanya berpartisipasi lewat konferensi video. Sejak 1 Oktober lalu, menyusul referendum kebebasan Catalonia, Puigdemont melarikan diri ke Belgia.

Pada 17 Januari, Torrent yang merupakan anggota partai pro-kemerdekaan Republik Catalan Kiri (ERC) dipilih sebagai ketua parlemen Catalonia baru.

Partai-partai pendukung separatis ingin Puigdemont kembali memimpin kawasan Catalonia, namun langkah itu sulit baginya.

Bila kembali ke Spanyol, Puigdemont akan ditahan pihak berwenang atas tuntutan pemberontakan dan makar karena mengumumkan kemerdekaan Catalonia pada Oktober lalu.

Pendukung-pendukungnya mengatakan dia bisa mengambil sumpah jabatannya lewat rekaman video, namun rencana itu ditolak oleh Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.