Parpol di Sumenep Ramai-ramai Ganti Bacalegnya

Avatar of PortalMadura.com
Proses Verifikasi Berkas Bacaleg di KPU Sumenep Foto Samsul Arifin
Proses Verifikasi Perbaikan Berkas Bacaleg di KPU Sumenep (Foto: Samsul Arifin)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejumlah Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, ramai-ramai mengganti bacalegnya. Salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Daerah Pemilihan (Dapil) lima meliputi Gapura, Dungkek, Batang-batang dan Batuputih.

“Tidak hanya satu partai yang mengganti bacalegnya, banyak. Sesuai aturan, selama perbaikan berkas bacaleg memang boleh mengganti bacalegnya,” kata Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Jumat (3/8/2018).

Masa perbaikan berkas bacaleg mulai tanggal 18-31 Juli 2018. Saat ini, sejak tanggal 1-7 Agustus 2018 merupakan verifikasi atau penelitian perbaikan berkas bacaleg yang telah disampaikan parpol.

“Kalau saat ini sudah tidak bisa mengganti bacaleg lagi. Kalau memang bacaleg yang diusulkan tidak memenuhi syarat, maka bacaleg itu dicoret karena tidak ada masa perbaikan lagi,” tegas Malik.

Baca Juga:  KONI Sumenep Siapkan Bonus Tambahan Bagi Atlet Peraih Medali

Pihaknya belum memastikan berapa parpol yang mengganti bacalegnya karena saat ini masih proses verifikasi hasil perbaikan. Alasan partai mengganti bacalegnya, lantaran mengundurkan diri dan tidak mampu melengkapi kekurangan berkas saat proses perbaikan.

“Belum kami hitung berapa parpol yang mengganti bacalegnya karena saat ini masih proses verifikasi berkas,” tegasnya.

Sesuai data di KPU, setelah masa pendaftaran bacaleg ditutup pada tanggal 17 Juli 2018, terdapat 617 bacaleg. Terdiri dari 361 laki-laki dan 256 perempuan yang diusulkan 16 partai politik. (Arifin/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.