Partisipasi Pemilih Kisaran 60 Persen, KPU Sumenep Klaim Sudah Ada Peningkatan

Avatar of PortalMadura.com
Partisipasi Pemilih Kisaran 60 Persen, KPU Sumenep Klaim Sudah Ada Peningkatan
Suasana rekapitulasi surat suara (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, A. Warits, mengaku jika partisipasi pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 diperkirakan hanya sekitar 60 persen. Namun, jumlah tersebut sudah meningkat dibanding pada pilkada sebelumnya yang hanya 50 persen lebih.

“Kami belum bisa mengatakan secara pasti, karena saat ini masih dalam proses input data. Tapi kalau melihat hasil dari pantauan di sejumlah TPS, partisipasi pemilih memang rendah, total sekitar 60 persen. Untuk lebih jelasnya kita tunggu semua data masuk dulu,” ungkap A. Warits, Kamis (28/6/2018).

Baca: Versi Panwas, Partisipasi Pemilih di Sumenep Hanya 60 Persen

Ia menegaskan, dalam satu TPS yang jumlah hak pilihnya sebanyak 300 orang itu, sebanyak 50 orang bekerja di luar negeri. Otomatis mereka tidak menggunakan hak suaranya. Ini salah satu contoh kecil saja di salah satu daerah.

“Kalau dibandingkan dengan pelaksanaan pilkada sebelum-sebelumnya, untuk pilgub kali ini memang ada peningkatan partisipasi pemilih sekitar 10 persen,” paparnya.

Ia menambahkan, penghitungan atau rekapitulasi surat suara di tingkat PPK mulai tanggal 28 Juni hingga 4 Juli 2018. Sedangkan di tingkat KPU dijadwalkan antara tanggal 4-5 Juli 2018.

“Mulai hari ini rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan sudah dimulai,” imbuhnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.