oleh

Pasca Puting Beliung, PLN Bangkalan Berjibaku Hidupkan Aliran Listrik

PortalMadura.Com, Bangkalan – Perusahaan Listrik Negara (PLN) hari ini memperbaiki segala kerusakan fasilitas aliran listrik akibat terjangan angin puting beliung kemarin siang, Senin (9/12/2019) di Tangkel, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Terhitung sejak Senin malam, PLN langsung menerjunkan tim gabungan untuk mengoptimalkan kembali pelayanan pada pelanggan. Tim gabungan terdiri dari unit PLN Bangkalan, PLN Kamal, PLN Blega, serta PLN Ketapang (Sampang). Masing-masing unit beranggotakan empat orang.

“Kami juga melibatkan vendor serta rekanan yang bertugas memasang kembali enam tiang listrik yang roboh dan mengganti tiang listrik yang patah. Jumlahnya sekitar 16 orang,” ujar Pangky Yongkynata, selaku Manajer PLN Ranting Bangkalan, Selasa (10/12/2019).

Pantauan PortalMadura.Com di lapangan, ada dua titik perbaikan yang dilakukan PLN. Lokasi pertama di jalan akses Jembatan Suramadu sisi selatan. Terlihat ada empat pekerja PLN sedang memotong batang pohon yang roboh dengan gergaji mesin, serta memotong ranting yang menimpa kabel.

Di lokasi ini tidak kurang terdapat 15 pohon yang tumbang, kebanyakan di antaranya berada di tengah-tengah jalan akses. Tampak pula sejumlah warga bergotong-royong memotong bahan dan ranting pohon, selanjutnya memindahkan ke tepi jalan akses.

Kesibukan justru terlihat di Jalan Raya Tangkel yang jadi titik perbaikan kedua, tepatnya dari pertigaan Tangkel hingga Rumah Makan Bebek Rizki. Puluhan pekerja PLN bahu-membahu memperbaiki segala kerusakan fasilitas karena faktor alam.

Tugas yang harus mereka lakukan adalah menegakkan kembali tiang listrik yang roboh, mengganti tiang listrik yang patah, mengganti kabel serta trafo yang rusak akibat tersapu angin puting beliung. Beberapa pekerja yang berada di atas tiang listrik untuk memasang kabel bahkan tidak luput dari perhatian pengendara yang melintas. Akibatnya, kemacetan pun tidak terhindari.

“Fasilitas yang terkena dampaknya adalah tiang listrik, kabel, serta trafo. Mudah-mudahan kerja tim gabungan hari ini bisa optimal, dan aliran listrik bisa kembali normal,” harap Pangky.

Saat ditanya perihal kerugian yang diderita PLN, Pangky memperkirakan berada dikisaran Rp 100 juta hingga Rp 150 juta. Ia pun mengharapkan pekerjaan ini bisa selesai hingga sore hari.

“Ini adalah kerusakan terbesar yang terjadi di wilayah PLN Bangkalan sepanjang tahun ini. Dan mudah-mudahan tak terulang,” pungkasnya.(*)

Detik-detik Puting Beliung Melanda Tangkel Bangkalan

Penulis : Agus Hidayat
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE