oleh

Pasien Positif Covid-19 di Bangkalan Sempat Didiagnosa TB, Begini Riwayatnya

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pasien positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur ternyata sakit sejak 22 Maret 2020 dan sempat didiagnosa menderita tuberculosis (TB).

Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Agus Sugianto Zein mengatakan, pasien berusia 20 tahun merupakan warga asal Bangkalan yang bekerja di Surabaya dan setiap hari pulang-pergi.

“Pernah periksa di Puskesmas Socah, lalu ke salah seorang dokter umum di Bangkalan, diagnosanya TB dan dirujuk ke RSUD,” jelasnya Selasa (14/4/2020).

Agus menerangkan, pasien mendatangi UGD RSUD dan tidak dirawat inap. “Dia (pasien) meminta pulang paksa,” terangnya.

Selanjutnya, pasien diantarkan ke RS Menur oleh pihak keluarga, hingga muncul informasi berdasarkan rapid test bahwa pasien bersangkutan dinyatakan positif Covid-19.

“Surveilans menelusuri rumahnya, supaya pasien bisa diisolasi selama 14 hari,” lanjut Agus.

Puncaknya, Minggu (12/4/2020) berdasarkan data Litbangkes Jakarta melalui hasil swab tenggorokan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), pasien dinyatakan positif Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dalam laman infocovid19.jatimprov.go.id.

Sementara itu, berdasarkan data terbaru yang dirilis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, per tanggal 13 April 2020 status Orang Dalam Resiko (ODR) sebanyak 14.074 dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebesar 523 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sejumlah 3 orang dengan satu diantaranya meninggal dunia dan dinyatakan negatif Covid-19. Untuk pasien positif Covid-19 adalah sebanyak 4 orang.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Azizah
Tirto.ID
Loading...

Komentar