oleh

Patut Dicoba, 10 Cara Kuasai Psikologis Orang Lain

PortalMadura.Com – Karakter dan penilaian psikologis pasti dimiliki masing-masing orang untuk menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, setiap orang tidak sama dalam memecahkan masalah. Dan dengan ini seseorang bisa belajar untuk menghadapi masalah.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (11/11/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari Brightside. Berikut cara psikologis yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih bermanfaat:

Buat Ilusi Pilihan

Jika Anda membutuhkan bantuan seseorang, awalilah dengan meminta tolong tugas yang lebih sulit untuk dilakukan sebelum memberi tahu permintaan awal Anda. Setelah menolak hal-hal yang lebih besar, orang cenderung menerima permintaan yang terlihat mudah. Ini juga berfungsi ketika Anda mencoba meyakinkan seseorang.

Beri mereka dua opsi pada saat yang sama, hal yang Anda inginkan dan tugas lain yang lebih sulit untuk dicapai. Hal yang akan Anda capai dengan ini adalah membuat permintaan Anda yang sebenarnya terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan permintaan yang lain.

Ubah Pertikaian Menjadi Keuntungan

Saat orang memberi tahu Anda hal-hal yang tidak Anda setujui, jangan keberatan untuk berkomentar dengan tegas. Pertama-tama akui apa yang mereka katakan dengan kata-kata seperti, “Aku mengerti maksudmu” dan lanjutkan dengan pendapat Anda sendiri dengan bertanya, “tetapi pernahkah Anda memikirkan bagian ini?”. Pendekatan itu akan membantu Anda membuat maksud Anda dapat tercapai dan dipahami dengan lebih baik.

Orangtua Tahu yang Terbaik

Anda dapat menarik perhatian dengan memberi tahu orang-orang bahwa ayah atau ibu Anda mengajarkan hal itu kepada Anda. Orang-orang mematuhi figur disiplin dan akan menghormati seorang ibu atau ayah dengan empati memikirkan orang tua mereka sendiri. Kebanyakan orang percaya kata-kata orang tua mereka dengan sepenuh hati dan ketika Anda menyebutkan kata-kata Anda juga berasal dari orang tua, itu akan menciptakan efek yang sama seperti keluarga mereka sendiri.

Buat Orang Menyukai Anda

Anda mungkin paham bahwa seseorang tidak bisa menyukai Anda seperti yang Anda inginkan. Minta kepada mereka sesuatu yang kecil untuk dipinjam, mungkin buku yang Anda sukai. Hal ini akan membuat koneksi khusus antara kalian berdua, kemudian akan menghasilkan perubahan pendapat setelah Anda mengembalikan barang itu.

Loading...

Baca Juga: Amankan Pilkades, 720 Personel Polres Sumenep Diberangkatkan ke Kepulauan

Hilangkan Keheningan

Ketika Anda memiliki situasi hening yang canggung dengan seseorang yang ingin Anda kenal, tanyakan sesuatu tentang diri mereka. Bahkan orang yang paling pendiam sekalipun akan senang membicarakan diri mereka sendiri. Mereka akan menanyakan sesuatu kepada Anda dan Anda akan mengubah keheningan menjadi percakapan yang lancar.

Keyakinan Menarik Orang

Setelah Anda selesai berbicara selama proses negosiasi, yang harus Anda lakukan yaitu cukup menatap mata orang dan menunggu dalam diam. Penampilan Anda yang tekun akan secara positif memengaruhi persepsi orang lain tentang apa yang baru saja Anda katakan. Jika Anda kehilangan kontak mata setelah momen-momen intens ini, Anda akan kehilangan minat setelah beberapa saat.

Buat Mereka Merasa Besar

Menggunakan kata-kata yang benar dapat membuat perbedaan besar ketika Anda membutuhkan bantuan. Orang-orang cenderung membantu jika Anda memberikannya kesenangan dan kenyamanan. Dorongan ego akan muncul dan mereka akan merasa seperti mengabulkan permintaan Anda. Coba gunakan frasa sederhana seperti, “Tolong bantu saya” atau “Saya benar-benar membutuhkan bantuan Anda.”

Buat Reaksi Untuk Diamati

Saat Anda baru masuk ke dalam sebuah grup, buat lelucon atau ceritakan kisah lucu untuk menyaksikan reaksi orang. Orang-orang yang lebih dekat akan saling memandang sambil tertawa dan ini akan membantu Anda untuk memahami ikatan dan menentukan hubungan antara teman-teman.

Ulangi Ini

Pengulangan merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat ide konkret di pikiran orang. Jika Anda ingin memaksakan pendapat Anda pada orang lain, ulangi saja dalam konteks yang berbeda atau cukup ucapkan hal yang sama dalam percakapan dengan ekspresi berbeda. Setelah mendengar hal yang sama beberapa kali, orang akan menganggap ide itu sebagai milik mereka karena otak mereka akan menyebut ide itu sebagai sesuatu yang akrab atau dikenal.

Ciptakan Kepercayaan untuk Membangun Kepercayaan

Ketika Anda mencoba membangun kepercayaan dalam lingkungan sosial, akui kesalahan kecil Anda kepada orang lain. Orang akan melihat sisi Anda yang rentan dan akan menerima Anda sebagai orang yang jujur. Ini akan memberi Anda keuntungan, bahkan ketika Anda mengalami perselisihan.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar