Pedasnya Menggigit, Ini Resep Sambal Tomat Terasi yang Lezat

Avatar of PortalMadura.com
Pedasnya Menggigit, Ini Resep Sambal Tomat Terasi yang Enak dan Lezat
Ilustrasi

PortalMadura.Com memang sangat menggugah selera. Bagi pencinta pedas, tidak enak rasanya jika makanan yang dimakan memiliki cita rasa yang hambar dan kurang pedas.

Sudah banyak yang menyajikan tentang cara membuat sambal yang pedas atau masakan yang dimasak dengan bumbu cabai berlimpah. Tapi sudahkah Anda mencoba sambal tomat?. Ya, sambal dengan bumbu terasi ini sangat gurih dan lezat. Tentunya, jika Anda mencoba membuat sendiri di rumah rasanya akan lebih mantap dan bikin nagih. Penasaran?. Yuk intip cara membuatnya disini:

Bahan-bahan:

2 buah tomat
20 buah cabai rawit
1 buah terasi (kira-kira 3 cm)
Garam (secukupnya)
Gula (secukupnya)
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Minyak goreng (secukupnya)
1 lembar daun jeruk

Cara Membuat:

Langkah pertama, cuci bersih tomat, cabai rawit, bawang putih dan bawang merah. Setelah itu, goreng tomat, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih hingga cukup matang, sambil lalu bakar terasinya.

Kemudian siapkan cobek, masukkan tomat, cabai, bawang merah dan putih yang sudah digoreng ke dalamnya. Lalu, tambahkan sejumput garam, terasi yang telah dibakar dan gula secukupnya.

Haluskan sambal di cobek, tambahkan daun jeruk ke dalamnya dan kembali haluskan. Untuk daun jeruk tidak perlu dihaluskan sampai halus, karena daun jeruk hanya berfungsi untuk pengharum sambal.

Terakhir, sajikan sambal didalam wadah dan yang pedasnya menggigit pun siap dimakan.

Itulah resep sambal tomat yang pedas menggigit. Resep yang sangat mudah bukan?. Selamat mencoba resep ini dan semoga setiap masakan yang Anda buat terasa semakin nikmat setelah disajikan bersama sambal tomat. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.