oleh

Peduli Korban Gempa Lombok, PMII Sumenep Galang Dana di Jalanan

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejumlah aktifis mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar aksi solidaritas terhadap korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mereka melakukan aksi pengumpulan dana di simpang empat Jl. Trunojoyo, Kota Sumenep, Senin (6/8/2018).

“Penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada para korban bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok,” kata koordinator aksi solidaritas, Muhammad Nur.

Ia mengatakan, aksi penggalangan dana tersebut tidak hanya dilakukan mahasiswa Sumenep, tetapi juga dilakukan secara serentak oleh aktifis PMII di seluruh Indonesia.

“Rencananya, penggalangan dana akan terus kami lakukan dan hasilnya akan disalurkan kepada korban di Lombok melalui Dinas Sosial Sumenep,” ucapnya.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7 skala richter mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi sekitar pukul 18:46 WIB, Minggu (5/8/2018). Titik gempa berada di 8.37 Lintang Selatan -116.48 Bujur Timur tepatnya 18 kilometer barat laut Lombok Timur, NTB dengan kedalaman 15 kilometer.

Berdasarkan informasi sementara, korban meninggal dunia mencapai 82 orang. Sedangkan ratusan orang mengalami luka-luka. Sejumlah bangunan rusak parah dan ribuan warga mengungsi atau mendirikan tenda di sekitar rumahnya. (Arifin/Nanik)


Tirto.ID
Loading...

Komentar