oleh

Peduli Lingkungan, BLH Galakkan RT Mandiri

PortalMadura.Com, Bangkalan – Berbagai upaya terus dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur untuk menciptakan kebersihan lingkungan. Salah satunya, dengan menggelar lomba kelurahan berseri dan desa berseri.

“Tiap tahun kita mengadakan lomba di masing-masing kecamatan, untuk memupuk semangat peduli lindungan dengan menjaga kebersihan dan kelestariannya,” kata Kepala Dinas BLH Bangkalan Ir. Tommy Firyanto MM, Selasa(26/08/2014).

Dalam perlombaan tersebut, sambung Tommy, masing-masing Kelurahan dan Desa tidak hanya cukup menjaga kebersihan. Namun bagaimana mereka mampu mengelola sampah yang ada. Sepertinya ketersediaan tempat sampah di masing-masing desa/kelurahan.
“Mereka akan mempunyai nilai plus jika bisa mengola sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat,” ungkapnya.

Bagi kelurahan ataupun desa yang menang, BLH akan memberikan hadiah berupa komposer (pembuat pupuk), pengolah sampah dan pencacah sampah. “Jadi hadiah yang kita berikan tidak berupa uang, namun alat-alat penunjang kebersihan lingkungan,” janjinya.

Kedepan, kata  Tommy, pihaknya akan mengembangkan program kebersihan dalam skala yang lebih kecil yakni tingkat RT. Dimana nantinya ada program RT mandiri.

”Kita akan bekerjasama dengan PKK dan  dasa wisma, untuk memberikan pelatihan pengolahan sampah dan pengolahan tanaman. Kalau perlu akan kita lombakan tingkat RT,” paparnya.

Dengan program ini, Tomy berharap, setiap RT bisa mengolah sampah dan tanaman yang bisa bernilai ekonomis bagi warganya. Seperti  mengolah sampah rumah tangga menjadi kerajinan yang bernilai jual.

“Kalau di Surabaya, ada satu RT yang biaya listrik dan air PDAM-nya gratis. Karena dibayar melalui hasil penjualan sampah rumah tangga. Yakni sampah dalam bentuk timbangan seperti kardus dan botol minuman serta sampah yang sudah dibuat kerajinan,” pungkasnya. (dit/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.