Peduli Lingkungan, EML Ikut Dukung Penanaman Pohon oleh Banser

Avatar of PortalMadura.com
Peduli Lingkungan, EML Ikut Dukung Penanaman Pohon oleh Banser
Banser melakukan penanaman pohon di empat desa di tiga kecamatan (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan penanaman pohon di empat desa di tiga kecamatan.

Empat desa yang menjadi objek penanaman pohon tersebut antara lain, Desa Kebun Dadap Timur dan Desa Tanjung Kecamatan Saronggi, Desa Lobuk Kecamatan Bluto, dan Desa Kambingan Kecamatan Lenteng.

“Penanaman pohon ini merupakan wujud komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan,” kata Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Sumenep, Ahmad Nawfan Hammam, Jumat (18/5/2018).

Dengan penanaman pohon tersebut, lingkungan akan lebih hijau dan udara juga lebih segar. Sebab akhir-akhir ini, pepohonan mulai berkurang. Akibatnya, udara di Sumenep mulai memanas.

“Kami mempunyai Banser Maritim, yang memang bergerak ke arah isu-isu lingkungan dan kelautan. Semua pohon yang ditanam itu akan dirawat dengan baik,” tuturnya.

Terpisah, Public Relation Coordinator PT Energi Mineral Langgeng (EML), Nur Hidayat menyatakan, melihat Ansor dan Banser adalah organisasi yang cukup mengakar di masyarakat, pihaknya tidak ragu memberikan dukungan kepada salah satu ormas kepemudaan tersebut.

“Sebelumnya, kami juga mendukung kegiatan Istigasah dan pengajian akbar serta santunan 99 yatim piatu yang digelar Rijalul Ansor bekerjasama dengan Lazis Nahdlatul Ulama,” jelas Nur Hidayat.

Ia mengaku, akan terus mendukung kegiatan warga Sumenep utamanya yang berada di wilayah Kecamatan Saronggi. Apalagi kegiatan tersebut untuk kepentingan bersama.

“Kegiatan penanaman pohon ini memang bagus untuk lingkungan, makanya kami dukung mereka,” ucapnya.

Ia menyampaikan, akhir pekan lalu, pihaknya juga memfasilitasi anak-anak yatim dari Desa Tanjung Kecamatan Saronggi untuk berziarah ke makam Sunan Ampel dan makam keluarga Pesantren Tebuireng dan Pesantren Seblak Jombang.

“Kami ingin semakin mendekatkan hati mereka dengan Pesantren Tebuireng, karena perusahaan yang bergerak di bidang ini dimiliki oleh salah satu keluarga Tebuireng,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini sedang mempersiapkan kegiatan darat di Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Sebelumnya, perusahaan migas nasional ini telah berhasil melakukan pengeboran sumur eksplorasi pertama di lokasi yang sama.

Jika berhasil menemukan cadangan minyak atau gas yang bernilai ekonomis, sumur yang diberi nama ENC-2 ini akan menjadi lapangan migas pertama di daratan Madura (onshore) yang akan berdampak signifikan bagi kemajuan Sumenep. Dari sisi peraturan perundang-undangan, sumur daratan itu akan menjadikan Sumenep sebagai kabupaten penghasil migas di Madura.

Aksi tanam pohon yang bertema “Melestarikan Bumi, Menjaga NKRI” ini didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Jabanusa dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML). (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.