oleh

Pelabuhan Nasional Batu Kerbuy Dibiarkan Rusak, Pemerintah Pusat Abai

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Perhubungan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menegaskan bahwa rusaknya fasilitas pelabuhan nasional Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean, bukan tanggung jawab pemerintah daerah.

Kadishub Pamekasan, Ajib Abdullah menjelaskan, proyek tersebut belum ada pelimpahan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah sehingga pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan

“Bukan urusan saya,” terang Ajib saat dihubungi via telepon, Senin (7/1/2019).

Menurut Ajib, pihaknya tak bisa berbuat apa-apa lantaran belum menerima pelimpahan. Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 901 tahun 2016, tentang Rencana Induk Pelabuhan (RIP), menyebutkan pengelolaan pelabuhan bisa ditangani oleh daerah dan pusat.

“Sekalipun rusak kami tak bisa berbuat apa-apa,” dalihnya.

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail, mengaku kecewa terhadap pemerintah lantaran membiarkan fasilitas pelabuhan rusak. Bahkan menurutnya, RIP yang sudah direalisasikan justru tidak menemui kejelasan.

“Sudah sering kami soroti, tapi Dishub Pamekasan tak punya i’tikad baik,” tuding Ismail.

Keberadaan pelabuhan Batu Kerbuy dinilai bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika pemkab betul-betul serius dalam pengelolaan. Menurutnya, PAD bisa didapatkan dari transportasi laut dan sebagainya.

“Jadi pelabuhan itu tidak hanya digunakan untuk mancing saja,” pungkasnya.(Hasibuddin/Putri)



Komentar