Peluncuran Amsinews; Konten Agregator AMSI

Avatar of PortalMadura.Com
Peluncuran Amsinews; Konten Agregator AMSI

PortalMadura.Com, Bandung – Asosiasi Media Siber Indonesia () yang beranggotakan sekitar 450 anggota yang tersebar di 27 provinsi di tanah air menjadi potensi yang luar biasa.

Kumpulan media lokal dan nasional dengan berbagai fokus yang berbeda ini mendorong lahirnya sebuah konten bernama untuk memperluas jangkauan audien dan meningkatan kesadaran.

“Di forum tahunan ini kami meluncurkan 1 program yaitu Amsinews sebagai sebuah konten agregator. Amsinews sebagai platform 3 in 1 karena mencakup 3 isu yaitu distribusi konten, agensi periklanan, dan sistem konten manajemen,” terang Suwarjono, Penanggung Jawab Program Agregator pada (IDC) 2023 yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Hotel El Royale, Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Suwarjono berharap, program ini tidak hanya diluncurkan tetapi bisa langsung berjalan dan didukung semua anggota AMSI. “Pada soft launching ini sekaligus memulai penggabungan sejumlah media yang sudah mendaftar masuk dalam agregator ini,” ungkapnya.

Heru Tjatur, Ketua Tim Developer Agregator menambahkan, tujuan dari agregator ini sebagai upaya untuk berbagi sumber daya untuk maju bersama.

“Sumber daya teknis untuk mengelola infrastruktur dan teknologi platform publikasi media. Juga sumber daya ekonomi untuk menciptakan model bisnis bersama ekosistem ekonomi media digital,” terangnya.

Ia memperinci mekanisme anggota yang tergabung dalam agregator ini. “Media yang bergabung akan disediakan CMS media. Infrastruktur dan platform disediakan. Bahkan akan disiapkan 10 template yang nanti akan bisa dipilih,” ucapnya.

Selain itu, data yang masuk akan ditarik dan dimasukan ke agregator Amsinews.id. Konten di agregator ini nantinya akan didistibusikan melalui widget agregator per kategori atau per isu tertentu.

***

Program IDC dan adalah bagian dari program kerjasama AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk membangun keberlanjutan bisnis media di Indonesia. Pada gelaran tahun ini, IDC dan AMSI Awards juga mendapatkan dukungan dari PT Astra International Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Adaro Energy Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Merdeka Copper Gold Tbk, Bank BJB, Harita Nickel, PT XL Axiata Tbk, dan Minderoo Foundation. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.