Peluncuran Samsat Bunda Jupiter Juruan Laok, Ka UPT PPD Sumenep Potong Pita

Avatar of PortalMadura.com
Peluncuran Samsat Bunda Jupiter Juruan Laok, Ka UPT PPD Sumenep Potong Pita
Pemotongan pita oleh Ka UPT PPD Sumenep Eko Setiawan, Kamis (4/8/2022), didampingi Forkopimka dan pengurus BUMDes Jupiter Desa Juruan Laok (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, melalui Samsat Bunda (Samsat BUMDes) Jupiter, membuka layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Peluncuran (launching) Samsat Bunda Jupiter tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT PPD) Kabupaten Sumenep Eko Setiawan, Kamis (4/8/2022).

Kantor Kedua Samsat Bunda atau Samsat BUMDes Jupiter Desa Juruan Laok itu berlokasi di Jl. Arya Wiraraja, Desa Batuputih Laok, Kecamatan Batuputih atau di antara Koramil 0827/15 Batuputih dan UPT Puskesmas Batuputih.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (Ka UPT PPD) Kabupaten Sumenep Eko Setiawan mengapresiasi dengan dibukanya layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh BUMDes Jupiter Desa Juruan Laok.

“Luar biasa ini, ada dua tempat layanan. Masyarakat dapat terlayani secara baik dan maksimal. Dan ini saya yang pertama kali hadir diacara launching BUMDes layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” kata Eko Setiawan.

Melalui BUMDes Jupiter, kata dia, pelayanan bagi masyarakat semakin dekat dan mudah. “Statusnya sama dengan membayar pajak kendaraan di Samsat Kabupaten. Wujud kertasnya itu sudah milenial, karena ada barcode-nya,” terangnya.

Baca Juga:  Diduga Stres Sejak Cerai, Wanita Paruh Baya Ditemukan Tewas dalam Sumur

Kantor Samsat Bunda atau Samsat BUMDes Jupiter Desa Juruan Laok lokasinya juga dinilai sangat tepat, karena berada di akses jalan utama dekat Kantor Kecamatan Batuputih. “Jadi, pelayanan bagi masyarakat lebih dekat lagi dan ini luar biasa,” ucapnya.

Samsat Bunda atau Samsat BUMDes Jupiter Desa Juruan Laok merupakan yang pertama di wilayah Kecamatan Batuputih. “Kalau se-Kabupaten Sumenep itu baru ada 15 BUMDes yang memberi pelayanan yang sama,” katanya.

Sekretaris Kantor Kecamatan (Sekcam) Batuputih Muchlis menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Desa Juruan Laok dengan inovasi memberikan pelayanan pajak kendaraan bermotor. Menurut dia, dari 14 desa yang ada di wilayah Batuputih, BUMDes yang berjalan hanya 4 desa.

Baca Juga:  3 Atlet Petanque Sumenep Ikuti Seleksi Kejurnas Junior U-16

“Harapan kami kedepan, hendaknya [desa lain] mengikuti jejak BUMDes Juruan Laok ini,” katanya.

Tujuan utama dari BUMDes itu, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedepan, sebaiknya antar desa dapat melakukan kerjasama atau bahkan dengan perusahaan besar lainnya.

“Itu bisa dilakukan oleh BUMDes, misalnya kerjasama dalam hal potensi pertanian dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengharapkan transparansi pengelolaan BUMDes serta terus mengembangkan usaha lainnya agar potensi masyarakat dapat tergali dengan baik.

Sementara, Kepala Desa Juruan Laok, Ach Shanhaji menjelaskan, BUMDes Juruan Laok sudah lama berdiri dan salah satu programnya adalah membuka pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Program tersebut, kata dia, sudah berjalan di kantor pertama di Desa Juruan Laok. Dan dibukanya kantor kedua yang berlokasi di Desa Batuputih Laok adalah bentuk respon terhadap keinginan warga.

Baca Juga:  Jurnalis di Sumenep Belajar Cek Fakta

“Masyarakat merasa terbantu dengan pelayanan pajak kendaraan bermotor melalui BUMDes Jupiter,” terangnya.

Kedepan, pihaknya meminta agar semua pengurus BUMDes Jupiter lebih semangat dan bertanggungjawab atas tugas dan fungsinya. “Mari kita selalu konsultasi, berkoordinasi dengan para pihak agar perjalanan BUMDes Jupiter ini berjalan dengan baik,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.