oleh

Pemanfaatan Terminal Penumpang Bandara Trunojoyo Sumenep Tunggu Verifikasi

Video

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemanfaatan terminal penumpang yang merupakan fasilitas baru di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, tinggal menunggu verifikasi dari pihak terkait di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Awalnya kami optimistis bisa dimanfaatkan pada akhir Februari ini. Namun, untuk sementara belum bisa, karena harus diverifikasi dulu oleh pihak terkait di Kemenhub,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Selasa (25/2/2020).

Ia menjelaskan, secara teknis, terminal penumpang yang merupakan fasilitas baru di Bandara Trunojoyo sudah bisa dimanfaatkan.

Semua perlengkapan dan peralatan, termasuk interior, sudah ada dan terpasang di terminal penumpang tersebut.

“Prosedurnya memang harus diverifikasi dulu oleh tim verifikator dari Kemenhub. Verifikasi itu untuk memastikan terminal penumpang ini sudah memenuhi standarisasi kenyamanan dan keamanan,” ujarnya, menerangkan.

Secara kelembagaan, Otoritas Bandara Trunojoyo telah mengirimkan surat permohonan agar terminal penumpang tersebut diverifikasi oleh tim verifikator.

Namun, ternyata banyak otoritas bandara baru lainnya di Indonesia yang secara bersamaan juga meminta verifikasi kepada tim verifikator.

Peralatan dan perlengkapan termasuk interior di terminal penumpang Bandara Trunojoyo sudah terpasang
Peralatan dan perlengkapan, termasuk interior di terminal penumpang Bandara Trunojoyo sudah terpasang (Foto: Slamet HD)

“Tinggal menunggu giliran. Kami terus berkoordinasi dengan tim verifikator dan memang terjadwal memverifikasi bandara lainnya. Insya Allah, awal Maret terminal penumpang di Bandara Trunojoyo akan diverifikasi,” kata Indra, menegaskan.

Baca Juga : Pengembangan Transportasi Udara “Water Base” Memasuki Penyusunan DED

Terminal penumpang tersebut terdiri atas dua lantai dan rencananya aktivitas keberangkatan dan kedatangan pengguna jasa dipusatkan di lantai I.

Sementara di lantai II disiapkan sebagai aktivitas komersial berupa lokasi “food court” atau pusat jajanan serba ada dan sebagian sebagai ruang pertemuan.(*)

Penulis : Slamet HD
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar