Pemasangan Lampu Panel Surya, Pengabdian Mahasiswa UTM

Avatar of PortalMadura.com
Pemasangan lampu panel surya di Desa Dejeh Jheret, Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Bangkalan
Pemasangan lampu panel surya di Desa Dejeh Jheret, Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Penggunaan energi surya sebagai sumber energi listrik alternatif adalah solusi untuk penerangan jalan umum yang hemat energi dan tentu hemat biaya dalam jangka panjang.

Memang untuk investasi awal pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya tidaklah sedikit, tetapi dalam jangka panjang jika dibandingkan dengan penggunaan listrik dari PLN akan berbanding terbalik.

Dalam jangka panjang, tidak lagi dibebani dengan tagihan listrik. Selain penghematan dalam hal biaya tagihan listrik, keuntungan lain menggunaan PJU tenaga surya adalah kemudahan dalam pemasangan dan perawatan.

Setiap lampu yang terpasang di sepanjang jalan akan berdiri sendiri (mandiri). Artinya, jika ada permasalahan salah satu lampu PJU tidak akan mempengaruhi lampu PJU lainnya.

Berbeda jika menggunakan sumber listrik dari PLN, pada saat salah satu lampu mengalami permasalahan dalam pasokan listrik, otomatis, lampu-lampu lain yang berada dalam satu jaringan kabel akan ikut bermasalah.

Belum lagi jika jaringan listrik PLN padam, maka semua lampu akan ikut padam, dan akan terganggu juga kegiatan masyarakat yang menggunakan jalan tersebut.

Sehubungan dengan dilaksanakannya KKNT oleh Universitas Trunojoyo Madura dengan mengusung tema “Kebangkitan Sosial Ekonomi”, maka kelompok 113 yang dibimbing Dr. Mohammad Hipni, S.HI., MHI, melaksanakan program kegiatan pemasangan lampu panel surya.

Program kerja ini dilaksanakan (24/62022) bertempat di desa Dejeh Jheret, Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Bangkalan.

Kelompok KKNT 113 bekerja sama dengan warga setempat untuk pemasangan lampu panel surya tersebut, sekaligus mensosialisasikan cara pemasangan, pengoprasian dan perawatan dari lampu panel surya tersebut.

Dengan dilaksanakan program kerja tersebut diharapkan untuk bisa membantu dan menghemat biaya penerangan jalan di Desa Dejeh Jheret, Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Bangkalan.(*)

Pengirim : Sifa Nur Halimah

“Redaksi PortalMadura.Com menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan di luar tanggung jawab Redaksi PortalMadura.Com”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.