Pembangunan Tower Desa di Sampang Telan Anggaran Rp 72 Juta

Tower desa
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sampang – Dana pembangunan tower desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mencapai Rp 72 juta per desa.

Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Suhanto menyampaikan, dana kegiatan tower bersumber dari Dana Desa (DD) 2019.

Rincian angka maksimal anggaran pembangunan tower mencapai Rp 55 juta, pajak serta administrasi sebesar Rp 17 juta.

“Total anggaran pada kebutuhan pembangunan tower mencapai Rp 72 juta per desa,” ujarnya, Jumat (8/11/2019).

Jumlah desa di Kabupaten Sampang sebanyak 180. Namun, ada 62 desa yang dinyatakan kegiatan tower-nya selesai 100 persen.

Tower yang menyebar di 62 desa sudah siap operasional tahun ini juga. Sementara 118 desa yang proses penganggaran masih 30 persen akan dilanjutkan dan dibangun pada 2020,” imbuhnya.

Baca Juga:  Waspada Modus Donasi Sekolah, Penipu Catut Kadinsos P3A Sampang

Kegiatan tower yang dilakukan sejak awal Oktober 2019, berdiri di tanah kas desa atau di tempat umum. “Tower tidak boleh berdiri di tanah milik pribadi, dan kawasan rumah kepala desa,” tegasnya.

Suhanto menyebutkan, ada dua tower desa yang siap dioperasikan yakni Desa Pangelen dan Panggung, Kecamatan Kota Sampang. Namun, ada beberapa alat yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Tujuan pembangunan tower tersebut untuk menjadikan desa pintar, memudahkan komunikasi dan akses informasi hingga penyampaian suatu laporan kepada pemerintah daerah.

“Manfaat tower desa sangat besar. Desa menjadi pintar, mudah berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten. Seperti laporan lebih mudah terakses,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :

https://portalmadura.com/sampang-sapoloh-areh-legislator-sebut-eo-rugikan-daerah-212787

Baca Juga:  Wanita Sampang Aniaya Bapak Kandung hingga Tewas

Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.