oleh

Pemberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Dikaji Dengan Tiga Opsi

PortalMadura.Com, Pamekasan – Jemaah haji asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur , yang tertunda keberangkatannya pada tahun 2020 akibat adanya wabah Covid-19 akan diberangkatkan pada tahun 2021.

Kasi PHU Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pamekasan, Innani Mukarromah mengungkapkan, jumlah jemaah haji asal Pamekasan yang gagal berangkat tahun ini berjumlah sekitar 987 orang. Para tamu Allah itu kemungkinan besar menunaikan ibadah haji tahun depan sembari menunggu keputusan resmi pemerintah.

Pemberangkatan jemaah haji tahun 2021 pelaksanaannya sedang dikaji terhadap tiga opsi. Pertama, mereka akan diberangkatkan secara keseluruhan. Kedua, hanya 50 persen dari jumlah jemaah yang tertunda, atau bahkan ketiga tidak diberangkatkan sama sekali.

“Tergantung kebijakan pemerintah Arab Saudi nanti, tetapi yang jelas harapan kami jemaah haji bisa berangkat menunaikan ibadah haji semua dan covid-19 segera berakhir,” katanya, Kamis (12/11/2020).

Menurutnya, informasi sementara jemaah haji yang tertunda keberangkatannya tahun 2020 akibat wabah Covid-19 akan diberangkatkan pada tahun 2021. Sementara untuk ibadah umroh Pemerintah Arab Saudi telah memberikan izin kembali mulai tanggal 1 November 2020 lalu.

“Semoga untuk pelaksanaan haji tahun 2021 berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan,” harapnya.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar