Pemerintah Desa Diminta Sisihkan DD untuk Perpusdes di Pamekasan

Avatar of PortalMadura.com
Pemerintah Desa Diminta Sisihkan DD untuk Perpusdes di Pamekasan
Perpustakaan Desa di Pamekasan

PortalMadura.Com, – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta pemerintah desa menyisihkan sebagian Dana Desa (DD) untuk membangun Perpustakaan Desa (Perpusdes) sebagai penunjang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pustakawan , Kusairi mengatakan, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk mewujudkan perpusdes. Mengingat, desa saat ini sudah memiliki DD yang nominalnya tidak sedikit.

“Kami meminta kepada pemerintah desa agar menyisihkan sebagian DD-nya untuk perpusdes ini. Sehingga masyarakat di bawah mempunyai fasilitas bacaan,” katanya, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga: Brakk! Pemotor Tabrak Mobil Owner Wisata Kapal Jodoh Sampang

Ditambahkan, pemerintah desa selama ini mengandalkan bantuan dari pemerintah daerah untuk mendirikan perpusdes. Padahal, adanya fasilitas membaca itu sangat membantu dalam mengembangkan SDM masyarakat di tingkat desa.

“Selama ini pengelolaan perpus di desa tidak maksimal, makanya ke depan perlu sinergitas antara DPMD, Dinas Perpustakaan dan pemerintah desa itu sendiri,” tandasnya.

Dia berharap, rencana pendirian perpus di setiap desa dapat terlaksana. Apalagi, pemerintah pusat sudah memperbolehkan pemerintah desa menggunakan sebagian DD untuk perpustakaan desa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.