Pemerintah Kerahkan Tagana ke Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda

Avatar of PortalMadura.com
Pemerintah kerahkan tagana ke daerah terdampak tsunami Selat Sunda
Tenda evakuasi yang disediakan BNPB untuk korban bencana. ( Megiza Asmail - Anadolu Agency )

PortalMadura.Com, – Kementerian Sosial (Kemensos) pada Minggu mengerahkan Taruna Siaga Bencana () ke daerah terdampak tsunami di Banten dan Lampung.

Kemensos juga membangun dapur umum bagi warga yang mengungsi untuk menghindari dampak gelombang tinggi.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Kementeriannya kini fokus mengaktifkan sistem penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial, mengerahkan Tagana, dan relawan sosial. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (23/12/2018).

Kemensos juga memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan sosial lainnya, serta advokasi dan layanan dukungan psikososial.

“Sementara untuk pengiriman logistik tahap pertama akan dilaksanakan pagi ini setelah koordinasi dengan Dinas Sosial dan Tagana Provinsi Banten dan Lampung,” ujar Menteri Agus dalam keterangan resminya.

Agus mengatakan sesaat setelah bencana Tagana Banten dan Lampung melakukan penyisiran ke lokasi terdampak, dan melakukan evakuasi bersama personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah () TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, sukarelawan dan warga.

Selanjutnya, kata Menteri Agus, Pemerintah akan mengirimkan bantuan dari Gudang Pusat Bekasi ke Dinas Sosial Provinsi Lampung dan Dinas Sosial Provinsi Banten.

“Bantuan yang akan dikirim meliputi makanan, peralatan evakuasi, peralatan keluarga, sandang dan selimut, dan perlengkapan Tagana,” ujar Agus.

Pemerintah juga akan mengirim bantuan tenda serbaguna keluarga, tenda gulung, velbed, dan kasur untuk warga yang mengungsi. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.