3 Ciri Hamba yang Diberkahi Allah SWT

Avatar of PortalMadura.com
3 Ciri Hamba yang Diberkahi Allah SWT

PortalMadura.Com – Mayoritas hamba dalam setiap rangkaian ibadah dan amal salehnya pasti mengharapkan sesuatu dari Allah SWT. Saat mereka salat, ada sesuatu yang ingin dikejar yang sifatnya manusiawi. Begitu pula dengan puasa, zakat, haji, dan ibadah-ibadah lainnya.

Padahal, sesuatu itu tidak lain adalah keberkahan dan keridaan Allah. Perlu umat Islam ketahui, bahwa berkah berasal dari bahasa Arab, yaitu baraka, dapat diartikan memiliki banyak kebaikan yang bersifat tetap dan terus-menerus. Berkah diambil dari kata birkah, yang berarti tempat berhimpunnya air. Itu berbeda dengan tempat mengalirnya air karena dua hal: jumlahnya yang banyak dan sifatnya yang tetap. Demikian sebut ar-Raghib al-Ashfahani, pakar semantik Arab.

Lantas, siapa sesungguhnya dan senantiasa akan mendapatkan kebaikan yang mengalir tanpa henti itu?.

Berikut ini uraiannya:

Pertama, seseorang yang diberi kesempatan bertobat, lalu dikuatkan akidahnya, disenangkan dalam ibadah, dimuliakan akhlaknya, dan disemangatkan amal salehnya.

“Kecuali orang-orang yang bertobat, lalu beriman dan selalu beramal dengan amalan saleh. Merekalah yang akan digantikan keburukannya dengan kebaikan” (QS Al-Furqan : 70).

Bagi hamba Allah yang bertobat, lalu menjaga keimanannya kepada Allah, serta lebih bersemangat ibadah dan amal salehnya, akan tersedia aneka kebaikan. Yakinlah, aneka kebaikan itu bersifat tetap dan terus mengalir seiring kelestarian amaliahnya. Inilah janji Allah yang pasti benar.

Kedua, hamba Allah yang diberkahi adalah seseorang yang diselamatkan dari fitnah. “Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu “cinta” kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus. Sebagai karunia dan nikmat dari Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana: (QS Al-Hujurat : 7-8).

Fitnah adalah sesuatu yang sangat kejam, bahkan lebih kejam dari pembunuhan. “Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir” (QS Al-Baqarah : 191).

Fitnah pada akhirnya adalah sesuatu yang juga mematikan, yakni mematikan karakter, raga, dan jiwa. Karena itu pula Rasulullah menuntun umatnya untuk melazimkan doa agar terhindar dari fitnah. “Ya Allah, kami berlindung dari siksa kubur dan api neraka. Ya Rabb, lindungi kami dari semua fitnah orang-orang hidup dan fitnah setelah kematian. Lindungi kami pula dari fitnah dahsyat al-Masih ad-Dajjal”.

Seseorang yang dihindarkan dari berbagi fitnah adalah hamba-Nya yang diberkahi. Mereka inilah yang akan menuai kebaikan secara terus-menerus. Tapi, siapakah yang dihindarkan dari fitnah itu?. Tidak lain adalah mereka yang setelah bertobat dan menjaga ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.

“Niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” (QS Al-Ahzab : 71).

Ketiga, hamba yang diberkahi adalah mereka yang dalam keadaan senangnya mendekat kepada Allah (al-Muqorrobuun), lalu tiba-tiba Allah wafatkan dalam keadaan terbaik (husnul khatimah).

Di antaranya akan dibuktikan dengan mendapatkan ucapan salam dari para Malaikat. “Yaitu orang-orang yang diwafatkan Malaikat dalam keadaan terbaik dengan (mendapat ujaran) salam, ‘Salam untuk kalian dan masuklah ke dalam surga disebabkan apa yang telah kamu perbuat'” (QS An-Nahl : 32). Wallahu A'lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.