Pemilik Kulit Sensitif, Ini 4 Cara Jitu Lakukan Eksfoliasi

Avatar of PortalMadura.com
Pemilik Kulit Sensitif, Ini 4 Cara Jitu Lakukan Eksfoliasi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu rutinitas perawatan kecantikan yang wajib dilakukan secara rutin, yaitu eksfoliasi. Perawatan kecatikan yang satu ini penting dilakukan untuk mengelupas kulit mati dari permukaan kulit.

Selain itu, eksfoliasi biasanya dilakukan dengan menggunakan beberapan kandungan. Lantas, bagaimana dengan para pemilik ?. Jangan khawatir, ada beberapa jika kulit Anda sensitif. Penasaran?.

Berikut empat cara melakukan eksfoliasi jika kulit Anda sensitif:

Perlambat Frekuensi Melakukan Eksfoliasi
Kuncinya adalah seberapa sering Anda melakukan eksfoliasi, membuat kulit lebih peka terhadap cahaya karena sel di lapisan atas kulit telah terangkat. Inilah mengapa seseorang harus rutin menggunakan tabir surya, karena setelah eksfoliasi, kulit menjadi lebih rentan terhadap paparan sinar matahari.

Selain itu, perlambat frekuensi eksfoliasi yang biasa dilakukan. Melakukan eksfoliasi terlalu sering dapat mengganggu bioma alami kulit wajah, mengubah pH, dan menghilangkan minyak alami. Ketika kulit tidak seimbang, ia akan menciptakan peradangan untuk melindungi dirinya sendiri. Inilah yang kemudian menyebabkan kulit merah, iritasi, pembuluh darah pecah, dan jerawat.

Baca Juga: Pentingnya Eksfoliasi Kulit dan Cara Aman Melakukannya

Menemukan Alternatif
Jika Anda ingin sepenuhnya menghentikan penggunaan asam alfa dan beta hidroksi dalam rutinitas kecantikan, ada alternatif lainnya, yaitu vitamin C. Selain dapat digunakan sebagai pengganti eksfoliasi, vitamin C dapat mengangkat sel-sel kulit mati, namun jauh lebih lembut dan memiliki sifat antioksidan.

Hati-hati dengan Scrub Fisik
Cara lain untuk beralih dari eksfoliasi kimia adalah dengan eksfoliasi mekanis. Namun, Anda juga harus memerhatikan jenis eksfoliasi mekanis yang digunakan.

Melakukan eksfoliasi mekanis dapat menguras limfatik, sehingga penting untuk memerhatikan scrub yang digunakan. Pilihlah scrub jojoba yang bekerja dengan lembut, namun efektif. Jika Anda ingin melakukan eksfoliasi dengan bahan alami, gunakan gula super halus atau oatmeal. Ingat, jangan menggosok kulit wajah terlalu keras.

Melakukan Facial Secara Rutin
Jika Anda ingin lebih sedikit melakukan eksfoliasi, lakukan facial secara rutin. Seberapa sering Anda melakukan eksfoliasi?.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.