Pemilu 2024, KPU Sampang Temukan Data Pemilih Ganda

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) periode September 2022.

Pada data pemilih untuk Pemilu Serentak 2024 di Sampang, mencapai 811.033 pemilih. Dari data ini, banyak ditemukan tidak memenuhi syarat, seperti data ganda.

Rekapitulasi PDPB yang dikemas dengan forum koordinasi, pihak KPU melibatkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Selain itu, mendatangkan pemantau , dan Organisasi Masyarakat (Ormas).

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi , Aliyanto, Rabu (28/9/2022) menyebutkan, data pemilih berkelanjutan sebanyak 811.033 pemilih.

Rinciannya, 400.764 pemilih laki-laki, dan 410.269 pemilih perempuan.

Pihaknya menyampaikan, proses pendataan dilaksanakan setiap bulan sampai periode akhir untuk September 2022.

Jumlah yang tidak memenuhi syarat (TMS), seperti pindah keluar daerah sebanyak 25.620, meninggal 9.639. Data ganda ditemukan sebanyak 28.629, dan identitas tidak dikenal mencapai 28.206 orang.

“Pendataan pemilih merupaken bagian dari komitmen KPU Sampang dalam pemutakhiran, memperbaiki dan merawat data pemilih sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen PDPB yang diatur dalam peraturan KPU Nomor 6 2021,” ulasnya.

Pihaknya mengaku harus memastikan, bahwa setiap warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kabupaten Sampang yang telah memenuhi persyaratan harus masuk dalam daftar hak pilih untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih akan dimulai pada 14 Oktober 2022.

“DPB yang ditetapkan pada bulan September 2022, menjadi bahan untuk memastikan DPB yang kita tetapkan sudah mutakhir, akurat dan komprehensif,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.