Begini 6 Cara Turunkan Berat Badan dalam Waktu 6 Minggu

Penulis: Muhamad ZakariyaEditor: Hartono
Begini 6 Cara Turunkan Berat Badan dalam Waktu 6 Minggu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menurunkan hanya dengan mengandalkan puasa atau menghindari makanan tertentu saja sangat tidak dianjurkan. Diet tersebut harus diimbangi dengan olahraga. Dan sebisa mungkin, jangan kehilangan terlalu banyak berat badan dalam waktu singkat.

Pasalnya, hal tersebut juga tidak baik. Kehilangan terlalu banyak berat badan dalam waktu singkat berpotensi menyebabkan batu empedu. Tak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan namun tak kunjung berhasil melakukan program diet. Alasannya berbagai macam, mulai dari tergoda untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat, hingga kondisi di lingkungan sekitar yang kurang mendukung.

Untuk menjalankan program diet memang tidak cukup hanya mengandalkan niat dan usaha, melainkan juga membutuhkan komitmen. Pikiran dan tubuh memerlukan waktu untuk menyesuaikan program baru termasuk program diet.

Beberapa ahli mengatakan enam minggu adalah waktu yang cukup untuk menerapkan pola hidup sehat sehingga bisa membantu .

Cara Turunkan Berat Badan dalam Waktu 6 Minggu

Inilah 6 cara menurunkan berat badan hanya dalam kurun waktu enam minggu, yuk simak dibawah ini.

Menanyakan Kepada Diri Sendiri Alasan Diet

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri mengenai alasan utama ingin menurunkan berat badan.

Carilah alasan yang spesifik dan kuat karena akan digunakan sebagai pengingat sekaligus memotivasi. Kalau perlu, jadikan alasan tersebut dalam bentuk fisik seperti tulisan yang ditempel di dinding atau meja kerja.

Jangan Tetapkan Batas Waktu

Enam minggu memang waktu yang dibutuhkan agar tubuh terbiasa menerapkan pola baru. Tapi, jangan jadikan waktu tersebut sebagai batas.

Menentukan kapan diet harus mulai dan berakhir hanya akan membuat seseorang kembali pada pola hidup lamanya.

Sehingga di saat berat badannya telah menurun namun merasa batas waktu telah berakhir, ia bebas mengonsumsi apapun.

Hal itu malah bisa membuat dirinya kembali ke berat badannya semula. Sebaliknya, jadikan diet sebagai pola hidup berkelanjutan.

Menggunakan Ponsel untuk Menghitung Kalori

Salah satu alasan seseorang mengalami kenaikan badan lantaran secara tak sadar ia mengonsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan tubuh.

Untuk membantu menurunkan berat badan, hitunglah kalori yang akan masuk ke tubuh. Tak perlu susah mengingat jumlah kalori setiap makan, gunakan saja ponsel untuk mencari informasi setiap hendak makan sesuatu.

Konsumsi Camilan Sehat

Semakin lapar maka semakin besar kemungkinan seseorang untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Tapi di sisi lain dirinya harus mematuhi pola makan yang telah dibuat untuk menurunkan berat badan.

Cara menyiasati hal ini adalah menyimpan camilan yang bisa mencegah rasa lapar. Pastikan camilannya sehat dan porsi kecil seperti buah atau yoghurt.

Konsumsi Makanan dengan Seimbang

Banyak orang berpikir cara cepat menurunkan berat badan adalah menghilangkan kelompok makanan. Karbohidrat adalah kelompok makanan yang paling sering dihindari jika seseorang sedang menjalani program diet.

Padahal seharusnya semua kelompok makanan tetap dikonsumsi hanya saja jumlah atau porsinya harus seimbang. Sebab bagaimanapun tubuh membutuhkan kelompok makan untuk beraktivitas.

Mencoba Latihan Baru

Diet makanan memang bisa menurunkan berat badan. Tapi jumlahnya hanya 80 persen. Untuk mengoptimalkan, jangan lupa untuk berolahraga. Bagi yang tidak suka olahraga, carilah suatu bentuk latihan yang tidak pernah dicoba sebelumnya sehingga lebih bersemangat untuk menggerakkan tubuh.

Itulah informasi cara turunkan berat badan dalam 6 minggu, semoga sukses.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.